Duet iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Meluncur

iPhone 6S dan 6S Plus launchingJAKARTA – Setelah lama dinanti-nanti para fans Apple sejagat, Apple akhirnya resmi mengumumkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dalam acara di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (10/9/2015) waktu setempat. Generasi terbaru iPhone ini merupakan versi upgrade dari iPhone 6 yang dilengkapi sejumlah fitur-fitur baru yang keren.

Secara ukuran, kedua generasi baru iPhone ini masih memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya. iPhone 6S memiliki bentang layar berukuran 4,7 inchi, sedangkan iPhone 6S Plus hadir dengan ukuran layar 5,5 inchi. Yang membedakannya, kali ini Apple menambahkan beberapa fitur baru pada layarnya.

Fitur baru yang diperkenalkan Apple pada kedua iPhone terbaru ini adalah 3D Touch, dimana layar iPhone menjadi lebih sensitif untuk merespon tingkat tekanan dari sentuhan jari pengguna.

Fitur baru ini cukup menarik, karena pengguna dapat berinteraksi lebih beragam karena beda tingkat tekanan akan bisa menghadirkan sejumlah fungsi, seperti mengeluarkan menu serta mengaktifkan shortcut.

Teknologi 3D Touch menghadirkan dua cara baru untuk berinteraksi dengan iPhone, yaitu ‘Peek’ & ‘Pop’. Fitur Peek memungkinkan pengguna untuk menekan ikon aplikasi atau tombol lain untuk memunculkan sejumlah shortcut yang nantinya bisa langsung digunakan untuk mengakses fitur di dalam aplikasi tersebut.

Sementara fitur Pop, dapat berfungsi untuk memudahkan pengguna menampilkan deretan foto dan video tanpa harus membuka satu halaman penuh dari tampilan file-file tersebut. Setelah melihat apa yang tersimpan, pengguna bisa kembali ke aplikasi sebelumnya tanpa repot untuk membukanya lagi.

Untuk fitur Pop, pengguna bisa menggunakanya untuk aplikasi kamera, dimana pengguna bisa memakainya untuk langsung ke mode selfie. Fitur ini juga dapat memudahkan pemakaian aplikasi Facebook, karena pengguna bisa langsung mengupdate status, memotret, check in atau melakukan pencarian.

iPhone 6S fitur

Menilik bagian bodinya, kedua iPhone baru ini diklaim menggunakan material alumunium jenis baru yang dirancang secara custom yang mereka sebut alumunium series 7000. Material ini diklaim lebih kuat dibanding sebelumnya. Sehingga Apple menjamin tidak ada lagi kasus bangkok yang terjadi di iPhone anyar. Apple juga melindungi layarnya dengan lapisan kaca baru yaitu Ion-X, mirip seperti yang digunakan di Apple Watch Sport.

Beralih ke bagian jeroannya, Apple memperkenalkan prosesor 64-bit baru untuk iPhone 6s, yaitu A9. Apple menyebutkan A9 mampu 70% lebih cepat dalam memproses perintah untuk CPU, serta 90% lebih cepat untuk memproses kebutuhan grafis pengguna (jika dibandingkan dengan A8.

Fitur lain yang mendapat peningkatan adalah pada sektor kamera. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dibekali kamera baru untuk bagian depan dan belakang, dimana pada kamera belakang kini diupgrade menjadi 12MP, sementara bagian depan menjadi 5MP. Peningkatan ini jelas menggembiraka buat para fans iPhone, karena Apple selama 4 tahun terakhir setia memakai sensor 8MP.

Peningkatan sensor kamera iPhone tak lepas dari keberhasilan Apple untuk memadukan sensor yang lebih besar tanpa menghasilkan masalah noise di foto. Apple juga mengklaim peningkatan waktu autofocus serta kemampuan merekam video 4K.

Untuk kamera FaceTime, selain peningkatan sensor menjadi 5MP Apple juga mengatakan bahwa mereka telah berhasil membuat foto lebih cerah tanpa harus menambahkan flash. Apple mengubah display menjadi sangat terang (3x lipat dari normal), agar foto jadi lebih cerah, dan pengguna bisa mengatur agar fitur tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan tempat memotret.

Yang menarik lainnya adalah, Apple juga memperkenalkan varian warna baru yang mereka sebut sebagai Rose Gold. Varian warna inilah yang sempat memunculkan rumor bahwa Apple akan merilis iPhone warna pink. Selain warna rose gold, Apple juga menyediakan varian warna Silver, Space Grey, dan Gold.

iPhone 6S dan iPhone 6S Plus akan tersedia dalam pilihan internal storage 16GB, 64GB, dan 128GB. Apple akan membuka pre-order mulai tanggal 12 September, dan meluncurkannya ke pasar mulai 25 September mendatang.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here