Dubes Kanada untuk China Mundur Gara-gara Huawei

Telset.id, Jakarta – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, meminta duta besar Kanada untuk China, John McCallum, agar mengundurkan diri pada Sabtu (26/1). Keputusan itu keluar beberapa hari setelah McCallum melontarkan kritik atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS) untuk pimpinan Huawei.

Komentar McCallum terkait Meng Wanzhou menjadi berita utama dalam beberapa hari terakhir. Pimpinan keuangan Huawei tersebut  ditangkap di Vancouver pada 1 Desember 2018 dan harus menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

“Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai Duta Besar Kanada untuk China,” kata Trudeau dalam sebuah kesempatan, tanpa menjelaskan latar belakang keputusan itu, seperti dilansir BBC.

Meng dituduh melakukan kebohongan untuk berbisnis dengan Iran yang tengah menjalani sanksi dari AS. Meng kemudian dibebaskan dengan jaminan, namun penangkapannya terlanjur memicu krisis diplomatik antara Ottawa dan Beijing.

{Baca juga: CFO Huawei Akhirnya Bebas Bersyarat}

Selasa (22/1), McCallum berbicara singkat kepada anggota parlemen mengenai nasib dua warga Kanada yang ditahan di China, dan satu orang yang terancam hukuman mati, yang dipandang sebagai tindakan pembalasan oleh Beijing.

Setelah pembicaraan itu, ia berkomentar negatif atas permintaan ekstradisi AS kepada media berbahasa China di Markham, Ontario. Ia mengutip komentar politik Presiden AS, Donald Trump, atas kasus tersebut sebagai “aspek ekstrateritorial”.

McCallum menyebut, dalam kasus Meng ada fakta bahwa Kanada tidak menandatangani sanksi Iran sehingga Washington menginginkan ekstradisi itu. Ucapan McCallum langsung dimanfaatkan partai-partai oposisi untuk mengkritik sistem peradilan yang digembar-gemborkan pemerintah Kanada.

Hari berikutnya, McCallum k mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa ia “salah bicara” dan menyesal. Jumat (25/1), McCallum mengatakan kepada The Vancouver Star akan bagus untuk Kanada jika AS membatalkan permintaan ekstradisi.

{Baca juga: Buntut Penangkapan Bos Huawei, China Penjarakan 13 Warga Kanada}

Di sisi lain, Trudeau juga memuji sikap McCallum yang sudah mengabdi kepada negara selama hampir dua dekade. McCallum pernah memegang sejumlah jabatan kabinet, termasuk menteri pertahanan, menteri urusan veteran, dan menteri imigrasi.

Sumber: BBC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI