telset

Dua Petinggi Apple Dipecat

Jakarta – Buntut masalah kegagalan Apple Maps akhirnya menelan korban. Dua petinggi Apple dikabarkan akan segera meninggalkan produsen perangkat iPhone itu setelah dipecat dari jabatannya.

Dua eksekutif yang dipecat tersebut adalah Senior Vice President of iOS Software Scott Forstall dan Kepala Bisnis Retail Apple, John Browett, yang sebenarnya baru bekerja sembilan bulan menggantikan Ron Johnson yang memilih hengkang untuk menjadi CEO JC Penney.

Scott Forstall yang sempat disebut-sebut sebagai kandidat CEO Apple di masa depan oleh Forbes itu dikabarkan akan meninggalkan Apple mulai tahun 2013 mendatang. Untuk sementara dia akan menjabat sebagai penasehat Tim Cook, CEO Apple.

Pihak Apple tidak memberi tahu alasan dibalik perombakan tersebut. Tetapi Cook mengatakan pencopotan Forstall dan promosi untuk Jon Ive, Bob Mansfield, Eddy Cue, dan Craig Federighi adalah bagian untuk membenahi integrasi antara hardware, software, dan layanan Apple.

“Kita sedang dalam periode yang paling subur di bidang inovasi dan produk baru dalam sejarah Apple,” kata Cook, seperti dikutip telsetNews dari AFP, Selasa (30/10).

Promosi yang dimaksud adalah, Jonny Ive yang selama ini merupakan kepala desain hardware kini juga merangkap sebagai Human Interface yang artinya akan bertanggung jawab atas pengembangan seluruh desain hardware dan software Apple.

Sementara Eddy Cue memperoleh tambahan tugas untuk mengembangkan SIRI dan Apple Maps. Sedangkan Craig Federighi yang sebelumnya kepala OSX dan merupakan bawahan Forstall akan diserahi tugas sebagai kepala OSX dan iOS sekaligus.

Menurut pendapat beberapa analis, pemecatan ini ada kaitannya dengan kegagalan Apple Maps di iOS 6. Forstall dinilai sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi tersebut.

Kegagalan yang telah mencoreng reputasi Apple itu akhirnya memaksa CEO Apple, Tim Cook merilis permintaan maaf kepada publik. Sebelumnya Forstall dikabarkan menolak menandatangani surat permintaan maaf kepada publik. Hal inilah yang akhirnya membuka jalan baginya untuk keluar dari jajaran eksekutif Apple.

Karir Forstall sebenarnya cukup gemilang. Dia mulai bekerja untuk Apple sejak 1997, dan disebut-sebut sebagai salah eksekutif yang paling bisa mempresentasikan produk-produk Apple menjadi lebih menawan. Kemampuanya bahkan dinilai nyaris setara dengan Jobs.

Ia adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan software iOS untuk iPod, iPhone dan iPad. Sejauh ini Forstall dinilai sangat berhasil menjadikan iOS menjadi platform yang sangat populer. Interface iOS dan keseluruhan software merupakan hasil karya Forstall.

Sebelumnya Forstall juga dituding sebagai orang yang bertanggung jawab atas buruknya aplikasi perintah suara SIRI. Secara kemampuan SIRI dianggap gagal. Aplikasi ini sebenarnya masih dalam tahap Beta namun sudah dipublikasikan ke publik sehingga terdapat banyak kekurangan ketika digunakan oleh konsumen.

Namun saat itu nasibnya terselamatkan karena dia dikenal sangat dekat dengan Jobs. Selama ini yang selalu mem-back up Forstall adalah Jobs. Tapi kini saat pendiri Apple sudah tidak ada lagi, tentu Forstall bisa dengan mudah dipecat oleh Cook.

Sementara itu, alasan pemecatan John Browett disebut-sebut karena lambatnya ekspansi Apple di China. Namun beberapa analis melihat perombakan dalam tubuh Apple adalah upaya untuk mencari kambing hitam dari permasalahan yang mendera raksasa dari Cupertino itu.

“Perubahan-perubahan ini menunjukan bahwa Tim Cook sedang menunjukan otoritasnya dalam bisnis. Mungkin karena kekecewaan atas kegagalan Apple Maps membuat Forstall dijadikan kambing hitam,” kata Ben Wood, analis dari CSS Insight kepada BBC.[hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0