telset

Domino Kirim Pesanan Pizza Pakai Mobil Otonom

Telset.id,  Jakarta –  Pernah terbayangkan memesan pizza kemudian diantarkan oleh mobil otonom atau tanpa supir (nirawak) yang langsung menuju ke depan pintu rumah Anda? Di Miami, Amerika Serikat semuanya itu bisa terwujud.

Adalah pabrikan otomotif asal Amerika, Ford, yang menciptakan mobil tanpa awak atau biasa dikenal dengan mobil otonom. Kali ini, Ford bekerjasama dengan perusahaan siap saji Pizza Domino dan menandai kali pertama pula mobil nirawak menjadi bagian dari bisnis industri makanan di dunia.

Ford dan Domino akan melakukan uji coba sepanjang tahun ini, maka penduduk Miami dalam waktu dekat akan merasakan jasa layanan dengan mobil nirawak ini. Tidak hanya itu, bulan Maret  mendatang, Ford juga akan bekerjasama dengan Postmate, yaitu perusahaan jasa logistik, untuk menggunakan mobil nirawak ini mengantarkan barang-barang logistik kepada konsumen.

Saat melakukan pengiriman “kendaraan nirawak tidak perlu diberi tip dan tidak akan diparkir secara ilegal,” ungkap  Sherif Marakby , Wakil Presiden Ford untuk Kendaraan Otonom dan Elektrifikasi, dalam sebuah postingan diblog.

“Kami mengerti ada banyak rintangan dan juga manfaat untuk jasa layanan mobil nirawak beroperasi di kota, namun kami tetap mempelajari semua seluk-beluknya sehingga kami tetap dapat melayani konsumen dengan cara yang paling intuitif dan mudah,” tambah Sherif Marakby.

Perusahaan akan memanfaatkan penelitian ini, saat merancang kendaraan nirawak yang mulai diproduksi secara masal pada tahun 2021. Selain itu, Ford juga telah bekerjasama dengan perusahaan intelijen Pittsburgh Argo AI, dan telah mendapatkan dana investasi sejak tahun lalu untuk mengembangkan teknologi mobil tanpa awak.

[Baca juga: Taksi Terbang Buatan Airbus Siap Uji Terbang]

Perusahaan yang bermarkas di Michigan ini juga telah mengerahkan armadanya untuk memetakan jalanan dan juga memahami perilaku kebiasaan pengemudi masyarakat khususnya di kota Miami.

Langkah Ford ini juga telah mendapat dukungan dari Walikota Miami Dade Carlos A. Giménez, Miami sendiri merupakan kota ke-10 yang paling padat di dunia, dan kota paling padat kelima di Amerika Serikat. [WW/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0