DJI Zenmuse XT2, Kamera Drone Thermal Khusus Enterprise

DJI Zenmuse XT2

Telset.id, Jakarta – DJI baru saja meluncurkan kamera drone DJI Zenmuse XT2 yang dikhususkan untuk segmen enterprise. Perangkat ini merupakan kamera thermal yang dapat mengubah data atau gambar yang ditangkap menjadi informasi yang penting bagi perusahaan penggunanya.

“Kamera ini bisa membuat pengguna untuk melihat informasi dengan cara yang unik,” kata Jan Gasparic, Head of Enterprise Partnership DJI, di acara peluncuran Zenmuse XT2, di Jakarta, Kamis (24/05/2018).

Diklaim Jan, Zenmuse XT2 sangat berbeda dibandingkan kamera drone sejenis lainnya. Sebab, kamera tersebut memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah kemampuan untuk dapat menyajikan data thermal dan visual secara bersamaan.

Kemampuan tersebut dikarenakan Zenmuse XT2 memadukan dua sensor kamera. Satu kamera thermal buatan FLIR dengan resolusi 640 x 512 atau 336 x 256 dan satu kamera visual beresolusi 12MP yang dapat mengambil gambar dengan kualitas maksimal 4K.

Diungkapkannya juga, kamera Zenmuse XT2 sudah dilengkapi berbagai fitur berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI). Fitur pertama adalah Temp Alarm yang mampu memberikan peringatan kepada operator drone ketika suhu objek melebihi ambang batas suhu maksimal.

“Temp Alarm dapat menerjemahkan data thermal secara real-time,” ucap Jan.

Baca Juga: Gunakan “Drone Bercakar”, Seekor Anak Anjing Berhasil Diselamatkan

Kemudian ada HeatTrack yang dapat melacak objek atau area dengan suhu tertinggi secara otomatis. Fitur selanjutnya adalah FLIR MSX yang dapat menggabungkan data thermal dan data visual salam satu tampilan.

“FLIR MSX dapat membuat kamera mengambil gambar dengan detil yang baik, sehingga operator mendapatkan informasi yang jelas,” ujarnya

“Dapat dimanfaatkan untuk melihat titik kebakaran dengan menyajikan data thermal dan visual secara bersamaan. Hingga memantau tindakan anti-poaching dan juga infrastruktur energi,” jelas Jan.

Kamera Zenmuse XT2 sendiri dapat dipasangkan di beberapa drone DJI. Seperti DJI Matrice 200 Series dan Matrice 600 Pro. Kamera ini sudah tersedia hari ini (24/05/2018) melalui distributor Halo Robotics ataupun toko resmi DJI di Indonesia. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here