telset

’‘Diselamatkan’™ Regulasi, CP Nakal Melenggang Bebas

Jakarta – Alangkah enaknya menjadi content provider (CP) nakal di Indonesia, karena bisa bebas melenggang dari tuntutan, walaupun terbukti bersalah nyolong pulsa pelanggan. BRTI sebagai regulator pun tak berdaya menghadapi para CP nakal tersebut, karena terbentur regulasi.

Dengan dalih terbentur regulasi yang berlaku saat ini, BRTI tidak bisa menyeret para CP nakal ke ranah pidana, karena pelanggaran yang dilakukan CP nakal tidak dapat digolongkan tindak pidana.

Kami tidak bisa menuntut mereka (CP) secara pidana, karena kewenangan yang dimiliki BRTI hanya memberikan sanksi administratif berupa penghentian izin usaha, jelas Wakil Ketua BRTI, Muhammad Budi Setyawan usai menggelar pertemuan tertutup dengan 10 operator di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (27/10).

Budi mendesak Kominfo untuk segera merevisi Peraturan Kominfo no.1 tahun 2009, agar BRTI mempunyai kewenangan yang lebih kuat untuk menindak para CP nakal hingga ke sanksi pidana.

Perlu segera dilakukannya revisi agar kami bisa memberi sangsi berat berupa tuntutan pidana, sehingga ada efek jera bagi siapapun yang melanggar, tandasnya. Kami harap draft penyempurnaan peraturannya bisa selesai bulan depan,” tambah Budi lagi.

BRTI sendiri hingga saat ini mengklaim telah mengantongi sejumlah CP yang diduga melakukan pencurian pulsa, yang nilai kerugian pelanggan diduga mencapai Rp 900 miliar. Namun anehnya, BRTI sampai sekarang tidak mau membeberkan nama-nama CP nakal tersebut ke publik..

“Masih dalam proses pendataan, karena jujur saja kami merasa kesulitan saat memilahnya. Karena jumlah konten setiap CP itu bisa mencapai ribuan, ucap Budi menjelaskan alasannya.

Beberapa waktu lalu, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan, ada sekitar 60 CP nakal yang sudah dicabut izin usahanya dan dimasukkan dalam daftar hitam.

Namun biarpun sudah masuk daftar hitam, apa susahnya bagi CP nakal membuat perusahaan lagi dengan nama CP yang baru. Yang akhirnya kembali nyolong pulsa pelanggan, karena tak ada sanksi pidana yang berat bagi para CP nakal.[hbs]   {jcomments on}

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0