Di India, Orang Bisa Cari Toilet Pakai Google Maps

Telset.id, Jakarta – Setiap orang memiliki “cerita horor” terkait upayanya menemukan toilet, apalagi yang bersih dan layak untuk digunakan. Di India, pencarian semacam ini bahkan menjadi lebih berat, karena sulit mencari toilet yang bersih. Untungnya, Google turun tangan agar orang di India bisa mencari toilet pakai Google Maps.

Masalah sanitasi menjadi persoalan yang cukup rumit di India. Pasalnya, sekitar 70% rumah tangga di negara itu tidak memiliki akses ke toilet, yang menghasilkan budaya nasional buang air besar dan air kecil di ruang terbuka.

Untuk memerangi masalah ini, Kementerian Pembangunan Perkotaan (MoUD) India bermitra dengan Google untuk meluncurkan alat pencari toilet di Google Maps untuk membantu orang menemukan akses ke toilet umum yang bersih.

Alat ini akan diperkenalkan pertama kali di daerah metropolitan Delhi, dan bekerja dengan mencari restoran terdekat atau bank-bank di Google. Pengguna dapat mengetik “toilet,” “WC,” atau kata-kata Hindi seperti “swach” dan “shulabh” untuk menemukan toilet terdekat di daerah itu.

Hasil dari pencarian itu sendiri akan membawa Anda ke toilet yang terletak di mal, rumah sakit, dan SPBU. MoUD dan Google sangat bergantung pada pengguna untuk membantu memilah data tentang apakah toilet umum tersebut bersih, atau memberitahu mereka jika toilet terdaftar itu ditutup secara permanen.

Menurut laporan Theverge, Kamis (17/11), proyek percontohan ini diharapkan bisa meluncur di Delhi sebelum akhir November. Sementara belum diketahui kapan tepatnya akan diperluas ke kota-kota lainnya.

Selain akses, kritikus juga menyerukan pendidikan yang lebih baik tentang praktik sanitasi toilet mengingat negara terus berjuang dengan persoalan buang air besar di area terbuka dan pencemaran air. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI