Desain Baru iOS 7: Inovasi atau Jiplak?

 

iOS 7
iOS 7

Jakarta – Bermaksud ingin memenuhi harapan penggunanya yang ingin ada perubahan pada tampilan iOS yang dianggap sudah jadul, justru kini Apple mendapat banyak kritikan karena tampilan baru iOS dianggap makin amburadul dan banyak menjiplak desain pesaingnya.  

Apple memang tidak pernah mengubah tampilan antarmuka iOS sejak dirilis pertama kali bersama iPhone di tahun 2007. Maka tak heran jika para pengguna iOS pun berharap Apple membuat inovasi untuk tampilan iOS versi terbaru.

Namun alih-alih memberikan kesan baru di iOS dengan tampilan yang lebih fresh, Apple justru kini dianggap telah mengacaukannya. Setidaknya seperti itulah bunyi editorial Cultofmac yang telsetNews kutip, Jumat (14/6).

Banyak komentar yang mendukung pendapat Cultofmac sejak iOS 7 diumumkan di WWDC 2013 pekan kemarin. Desain flat yang diadopsi Apple untuk iOS 7 tampaknya tidak bisa menyenangkan semua pihak.

Meski iOS 7 hadir dengan jutaan fitur baru, namun sepertinya faktor visual menjadi sorotan utama yang selalu dikomentari publik, khususnya pencinta produk Apple. Desain icon menjadi hal yang paling banyak mendapat kritikan. Alasannya, Apple telah membuang semua detil dari iOS icon yang telah menjadi ciri kecermatan Apple selama bertahun-tahun.

Kesan ‘nyata’ dan faktor ‘skeuomorphism’ telah benar-benar dihilangkan dari iOS 7, persis seperti rumor yang beredar sebelum iOS 7 diumumkan. Apakah Apple telah melakukan blunder salah dalam melakukan perombakan iOS 7?

Jawabannya, sama sekali tidak! Apple bahkan coba ingin mendengarkan masukan dari para konsumennya yang menginginkan desain baru di iOS versi terbaru. Langkah ini sebenarnya mendapat banyak pujian dari sejumlah Apple fanboys.

Pasalnya, para Apple fanboy menilai Apple telah mengambil  langkah berani Apple dalam membuka pintu bagi tren ‘flat design’ yang menjadi ciri website dan aplikasi masa kini.

Hanya saja, barangkali, desain flat yang menyerupai  Android dan mirip Windows Phone itulah yang menjadikan sebagian pengguna iOS kecewa. Sebab, selama ini Apple terkenal sebagai innovator dengan banyak menciptakan produk-produk yang inovatif.

Bahkan kita sudah sering mendengar bahwa Apple selalu membanggakan diri dengan inovasi teknologinya yang dianggap sebagai produk-produk pelopor, sehingga terkadang menjadi sasaran penjiplakan.Tapi kini justru Apple terlihat meniru pihak lain melalui iOS 7.

Namun sekali lagi, tentu saja Apple tidak bisa memuaskan setiap pihak, sebagaimana Apple juga tidak akan dibenci oleh semua pihak ‘hanya’ karena desain baru iOS 7. [HBS]

Desain iOS 7 mirip Windows Phone

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0