Dengan Nano Karbon, Ponsel Bisa Nyala Sebulan.

Jakarta – Semakin canggih perangkat terbaru, terkadang konsumsi daya baterai pun semakin cepat habis. Tengok saja kejadian yang menimpa iPad beberapa waktu lalu. Produk dari Apple ini harus rela menghilangkan fitur flash player karena fitur tersebut disinyalir dapat membuat boros daya baterai.

Tetapi sebuah tim insinyur kelistrikan dari Universitas Illinois, Amerika Serikat sudah menemukan cara untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel maupun laptop menjadi 100 kali lebih lama. Caranya adalah dengan mengubah sistem kerja memori digital perangkat tersebut, karena ini mengkonsumsi sebagian besar daya baterai.

Seperti pada umumnya, bahwa memori ponsel saat ini memiliki kawat logam tipis, yang akan dilewati aliran listrik untuk menerima data. Tim insinyur ini berpendapat, jika ukuran komponen yang digunakan untuk menyimpan dan menerima data bisa diperkecil, maka arus listrik yang mengalir juga akan berkurang.

Para ilmuwan ini pun menawarkan solusi dengan menggunakan tube nano karbon yang berukuran 10 ribu kali lebih kecil daripada rambut manusia.

Seperti yang dikutip Telsetnews dari dailymail,  Profesor Eric Pop yang memimpin proyek ini mengatakan, “dengan menggunakan kontak berskala nano, kami bisa menggunakan listrik yang jauh lebih sedikit.

Saya rasa, setiap orang yang bermasalah dengan begitu banyak charger dan men-charge perangkat mereka setiap malam akan menginginkan ponsel ataupun laptop yang memiliki daya tahan baterei hingga beberapa pekan atau bulan,” lanjutnya.

Eric Pop menambahkan, metode ini bisa meningkatkan efisiensi ponsel sedemikian rupa sehingga ponsel nantinya bisa beroperasi dengan memanfaatkan udara panas, energi kinetik atau energi matahari. (TSN/HZ)

Previous articleCanon PowerShot A3300 IS, si Mungil Berkemampuan Besar
Next articleFlashdisk Mini Kekuatan Maxi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here