Dengan Mata Bisa Operasikan Laptop

JAKARTA – Makin hari kecanggihan teknologi kian berkembang pesat. Banyak perangkat  teknologi yang misalnya dapat berjalan dengan memanfaatkan tenaga mataharii. Kini giliran laptop yang dapat dijalankan dengan mata manusi, sehingga tidak perlu bantuan mouse.

Produk prototype besutan produsen komputer Lenovo ini menggunakan teknologi eye tracking,  yang memungkinkan laptop dapat dikontrol dengan mata manusia.

Laptop canggih ini bekerja dengan cara mengenali pergerakan mata yang dibantu infrared, kemudian sebuah kamera tersembunyi mendekteksi tingkat retina. Namtinya, cukup dengan mengedipkan mata ke ikon tertentu, maka ikon itu akan membuka dan menampilkan informasi yang diinginkan. Dengan melakukan tatapan, sebuah gambar juga dapat di-zoom.

Kecanggihannya perangkat ini sendiri telah dipamerkan di pameran teknologi CeBit yang berlangsung di Jerman. Seperti di kutip dari Cnet oleh Telset news , Henrik Eskilsson, CEO Tobii mengharapkan teknologi yang mereka kembangkan ini akan dapat dinikmati secara luas dimasa-masa mendatang.

“Prototipe laptop ini membuktikan bahwa teknologi eye tracking sudah cukup matang untuk digunakan di interface komputer standar,” kata Henrik seperti dilansir Cnet Rabu (2/3).

Diakuinya, memang sempat terbesit keraguan apakah laptop tersebut akurat mengenali pergerakan mata. Namun percobaan dari beberapa media teknologi termasuk Engadget, menyimpulkan bahwa teknologi ini bekerja cukup baik. Sistem mampu mendeteksi pergerakan mata dengan akurat. [ana/ hbs]{jcomments on}

Previous articleAmerika Ciptakan Robot Militer Siap Tempur
Next articleEksperimen Layar Sentuh Berukuran Raksasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here