Demi Lindungi Data Warganya, Perancis Bikin WhatsApp Sendiri

Telset.id, Jakarta – Bermaksud untuk melindungi data warganya, pemerintah Perancis dilaporkan tengah mengembangkan kloningan WhatsApp dengan kemampuan yang tak jauh beda dari layanan messaging milik Facebook itu.

Dilansir dari The Tech News, Perancis tak ingin kasus seperti yang terjadi di Facebook juga melanda pengguna WhatsApp, khususnya warga negaranya. Itu sebabnya, WhatsApp buatan Perancis bakal memiliki sistem enkripsi canggih yang mampu menjaga data penggunanya aman dari kejadian yang tak diinginkan.

Baca Juga: Menkominfo: Facebook jadi Tempat Cari Masalah

Agar data pengguna tak dibobol, pusat data dari aplikasi yang dibuat oleh perusahaan keamanan asal Perancis, Thales tersebut akan berada di Prancis. Dengan begitu, keamanan serta pengawasannya benar-benar terjamin.

Juru bicara pemerintah Prancis mengatakan, aplikasi tersebut sudah di-install di beberapa smartphone. Bahkan sekitar 20 pejabat penting Perancis pun sedang menguji kemampuan serta efektivitas aplikasi pesaing WhatsApp tersebut.

Baca Juga: Lagi, Facebook Digugat karena Tag Foto Tanpa Izin

“Anda harus mulai berpikir tentang potensi penyalahgunaan data. Kami memilih mengambil langkah cepat dengan melakukan hal ini,” ujar sang juru bicara.

Sebenarnya, bukan hanya Prancis saja yang khawatir terhadap aplikasi pesan terenkripsi. Rusia bahkan sudah bersikap tegas dengan memblokir aplikasi pesan terenkripsi seperti Telegram. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI