Dari Bollywood Taklukkan Silicon Valley

 

Nikesh Arora, President SoftbankNikesh Arora

Nama Nikesh Arora mungkin sangat asing bagi telinga kita, namun anak seorang perwira Angkatan Udara India ini memiliki segudang prestasi dan jabatan prestius di jagat teknologi. Nikesh saat ini menjabat sebagai President & Chief Operating Officer SoftBank Corp. Sebelumnya, dia adalah Senior Vice President and Chief Business Officer di Google.

Arora lulus dari Institute of Technology, Universitas Hindu Banaras (sekarang Institut Teknologi India Varanasi, India dengan gelar Sarjana Teknik Elektro pada tahun 1989. Ia meraih gelar dari Boston College dan MBA dari Northeastern University.

Saat “membajak” Arora dari Google, pihak Softbank harus merogoh kocek hingga USD 135 juta agar dapat mendapatkan jasanya memimpin operasional perusahaan raksasa telekomunikasi Jepang itu. Dengan gaji sebesar itu, menjadikan Arora sebagai eksekutif dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia.

Arora bergabung dengan Google pada tahun 2004. Ia memegang beberapa peran kepemimpinan operasi senior di Google, menjabat sebagai Presiden, Penjualan Global, Operasi dan Pengembangan Bisnis dari tahun 2009-2010.

Terakhir Arora memegang jabatan prestius di Google sebagai Senior Vice President dan Chief Officer Bisnis Google sejak Januari 2011 hingga Juli 2014. Arora akhirnya resmi meninggalkan Google pada Juli 2014.

Selain di Google, Arora juga pernah pernah menjabat sebagai Chief Executive Officer dan Pendiri T-Motion PLC, yang kemudian bergabung dengan T-Mobile International pada tahun 2002 sebagai Chief Marketing Officer dan sebagai Anggota Dewan Manajemen di T-Mobile. Arora juga sempat bekerja di Bharti Airtel Eropa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI