Dari Bollywood Taklukkan Silicon Valley

Silicon Valley BollywoodJAKARTA –  Kemarin, Selasa (11/8/2015), secara tidak langsung India kembali menjadi sorotan dunia, setelah salah satu putra terbaiknya, Sundar Pichai, didapuk memimpin perusahaan raksasa teknologi paling kesohor sejagat raya, Google.

Nama Pichai menambah panjang deretan daftar putra Negeri Bollywood yang berhasil menaklukan Silicon Valley, sebuah kawasan yang banyak dihuni para kaum technopreuneurship papan atas, yang tak hanya berotak encer, tapi juga mendapatkan bayaran gaji selangit.

Sebelumnya sudah ada beberapa nama keturunan India lain yang mencapai prestasi tinggi dengan menduduki posisi top eksekutif di perusahaan-perusahan teknologi kelas wahid penghuni kawasan Silicon Valley yang termasyur di jagat teknologi dunia.

Nah, siapa saja orang asli India yang berhasil menaklukan “lembah kesempatan” yang terletak di daerah selatan San Fransisco, Bay Area, dan California itu? Kami rangkumkan ulasannya untuk Anda:

Sundar Pichai, Google CEOSundar Pichai

Sosok Sundar Pichai merupakan rising star di Google yang pantas menjadi orang nomor satu di perusahaan raksasa mesin pencarian. Pria yang lahir di Tamil Nadu, India ini meraih gelar Bachelor of Technology di Indian Institute of Technology Kharagpur. Kemudian mendapatkan gelar master dari Stanford University, dan gelar MBA dari Wharton School di University of Pennsylvania.

Pichai bergabung di Google tahun 2004, sebagai wakil presiden manajemen produk, di mana dia memimpin tim bekerja pada browser dan sistem operasi Google Chrome. Karir Pichai melesat cepat. Ia mulai banyak terlibat dalam pengembangan berbagai produk pencarian Google, termasuk Firefox, Google Toolbar, Desktop Search, Google Gears, dan beberapa produk gadget yang dibuat Google.

Selanjutnya Pichai ditugaskan memimpin divisi Android, setelah co-founder dan CEO Android Andy Rubin mengundurkan diri pada bulan Maret 2013. Kegeniusan dan keuletannya dalam memimpin tim mengantarkan Pichai menjadi rising star di Google.

Dan pada bulan Oktober 2014, Google mengumumkan Larry Page akan mundur sebagai CEO karena akan fokus mengembangkan perusahaan baru untuk sebuah proyek yang lebih besar di Google. Pengunduran diri Page ini diyakini sebagai bagian rencana Google memberikan peran yang lebih besar kepada Pichai.

Pichai mengambil alih tugas-tugas Page yang membawahi produk inti Google, termasuk Googel Search, Maps, Research, Google+, Android, Chrome, infrastruktur, perdagangan dan iklan. Karir Pichai akhirnya mencapai puncaknya pada hari ini, setelah Google secara resmi mengumumkan telah menunjuk Pichai sebagai CEO Google yang baru.

Track record mengesankan Pichai di Google menyebabkan dia didekati Twitter untuk memimpin social media terbesar di dunia itu. Namun tawaran itu akhirnya ditolaknya. Selain Twitter, nama Pichai itu juga menjadi kandidat kuat untuk posisi CEO Microsoft menggantikan Steve Ballmer yang mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Agustus tahun 2013.

Next

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here