telset

Damian Dinning Resmi Hengkang dari Nokia

Jakarta – Nokia kembali ditinggalkan salah satu punggawa pentingnya. Kepala Departemen Digital Imaging Nokia, Damian Dinning, hari ini telah secara resmi menyatakan mundur dari pabrikan ponsel asal Finlandia tersebut.

Dinning dikenal merupakan sosok penting di balik pengembangan kamera berteknologi PureView dengan kekuatan  sensor mencapai 41MP yang saat ini menjadi salah satu produk andalan Nokia.

Pria kelahiran Inggris ini mulau bekerja di Nokia sejak tahun 2004, dan akan resmi mengakhiri kariernya di industri ponsel pada hari ini 30 November 2012. Selanjutanya ia akan pindah ke perusahaan mobil Jaguar Land Rover.

Nokia tentu saja akan kehilangan sosok penting dalam pengembangan ponsel kamera. Bersama Dinning, Nokia bertahun-tahun telah berhasil membangun reputasi sebagai perusahaan ponsel pintar yang mengusung teknologi kamera berkualitas tinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas jasanya kepada perusahaan dan kami mengharapkan yang terbaik untuk dia,” demikian tulis salam perpisahan Nokia kepada Dinning.

Selama 8 tahun berkarir di Nokia, Dinning sudah cukup banyak menciptakan inovasi ponsel kamera. PureView bisa disebut sebagai karya terbaik Dinning yang diwariskan untuk Nokia untuk terakhir kalinya.

Seperti diketahui, PureView menggunakan teknologi oversampling pixel, yakni sebuah metode pengelompokan pixel-pixel kecil yang digabungkan untuk membentuk superpixel tunggal. Nokia mengklaim teknologi ini mampu menangkap gambar yang jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, teknologi PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tidak perlu khawatir foto-foto tersebut membuat penuh media penyimpanan.

Nokia membenamkan teknologi PureView pada beberapa ponsel pintar seri Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone. Seri terbaru yang diluncurkan Nokia dengan menggunakan teknologi PureView adalah Lumia 920.

Walaupun masih belum jelas apa alasan utama mundurnya Dinning dari Nokia, namun ada selentingan yang menyebutkan mundurnya Dinning disebabkan semakin kurang kompetitifnya Nokia di pasar global saat ini.

Imbas dari kemunduran tersebut telah memaksa Nokia mengambil keputusan tidak populis dengan merumahkan 4000 karyawannya, dan memindahkan manufakturnya ke Asia untuk mengurangi biaya produksi.

Sebagian pekerja diminta pindah, termasuk Dinning. Ia diminta pindah dari Inggris ke Finlandia. Namun, Dinning memutuskan untuk tidak menerima tawaran tersebut dan memilih mundur dari Nokia.

Dalam pernyataannya yang ditulis di blog klub PureView, Dinning memberikan alasannya kenapa hengkang dari Nokia.

“Saya memiliki dua keinginan yang sangat kuat, terhadap mobil dan fotografi. Berkaitan dengan keinginan fotografi, saya banyak belajar waktu di Nokia, saya sangat berterimakasih untuk itu. Dan kini datang kesempatan untuk kesenangan saya dalam industri mobil. Saya akan mengambil peran mendorong inovasi masa depan di bidang baru untuk teknologi connected car. Maka saya akan ambil kesempatan tersebut,” tulis Dinning. [wnh/hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0