Cuma 30 Detik, Pencuri Ini Bobol Sistem Keyless Tesla

Telset.id, Jakarta – Mobil-mobil modern biasanya menerapkan sistem keyless. Sistem itu diyakini lebih praktis dan nyaman. Namun, di balik canggihnya sistem keyless mobil, sebenarnya tersimpan beberapa masalah serius?

Di Inggris, sistem keyless telah dikecoh oleh seorang pencuri. Si maling berhasil menipu sistem mobil listrik Tesla agar membuka kunci sendiri. Walhasil, ia pun leluasa melakukan aksi dan membawa kabur mobil Tesla.

Yang mencengangkan, dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (23/08/2019), pencuri melakukannya hanya dalam waktu sekitar 30 detik. Artinya, setiap mobil bisa dicuri bahkan sebelum pemilik menyadarinya.

{Baca juga: Gadis Ini Tanam Chip RFID Mobil Tesla Model 3 di Lengannya}

Dalam rekaman CCTV, pencuri memegang sistem relay untuk memperkuat sinyal, yang pada gilirannya menipu mobil untuk berpikir bahwa kunci itu dekat dan memungkinkan untuk dibuka dan menyalakan mesin.

September 2018, peneliti dari universitas KU Leuven Belgia pernah juga mengungkap cara menembus enkripsi key fob untuk mobil listrik Tesla Model S. Seseorang bisa secara mudah membuat kunci tiruan lalu menyalakannya.

{Baca juga: Intip Siapa yang Ada di Jaringan WiFi dan Cara Memblokirnya}

Para peneliti menemukan bahwa key fob di Tesla Model S menggunakan kode 40-bit yang mudah diretas untuk melindungi kode di dalamnya. Para peneliti lalu menggunakan kunci enkripsi untuk membuka pintu mobil.

Temuan tersebut sangat menarik karena Tesla adalah perusahaan yang mendorong penggunaan metode membuka kunci mobil tanpa kunci fisik. Metode itu bahkan telah diadopsi oleh perusahaan pembuat mobil mewah. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI