Cortana Sukses Prediksi Pemenang Piala Oscar

Cortana ramal Piala OscarJAKARTA – Asisten pribadi berbasis suara di sistem operasi Windows Phone 8.1, Cortana kembali ujuk gigi sebagai cenayang di era digital. Kali ini Cortana memprediksi nama-nama pemenang yang masuk dalam nominasi peraih Academy Awards 2015.

Dari 24 kategori yang diperebutkan, tingkat akurasi tebakan Cortana kali ini mencapai 83 persen. Tebakannya yang meliputi peraih Piala Oscar untuk kategori aktor dan aktris terbaik, sutradara terbaik dan film terbaik sepanjang tahun 2014 lalu. Demikian dikutip telsetNews dari laman Phone Arena (24/2/2015).

Kemampuan istimewa yang dimiliki Cortana itu tidak terlepas dari dukunan teknologi anyar Microsoft yang disebut Bing Prediction Engine.

Dengan bantuan mesin pencari Bing, Cortana mampu mengkalkulasi kemungkinan calon peraih Piala Oscar. Teknologi mesin pencari Bing sebelumnya telah melalui proses elaborasi dengan perusahaan riset asal New York untuk meningkatkan level akurasi.

Tim riset yang dipimpin oleh David Rothschild menyediakan data pendukung terkait dengan prediski Oscar dalam beberapa tahun terakhir. Dan hasilnya, tim ini membuktikan jika Cortana dapat diandalkan sebagai cenayang digital masa kini.

Sebelumnya Cortana juga diandalkan untuk memprediksi memprediksi siapa yang tereliminasi di ajang kontes bakat populer, seperti The Voice, Dancing With the Star, serta American Idol. Yang paling mencuru perhatian, teknologi hasil pengembangan Microsoft ini memprediksi tim pemenang di sejumlah laga penting di ajang Piala Dunia 2014 silam.[EA/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI