Chip Buldoser dari AMD

JAKARTA – AMD kini menghadirkan produk terbaru dari seri produk chipsetnya, Buldoser. Disebutkan, processor ini akan diperuntukan bagi computer desktop High-end dan server.

Produk baru besutan AMD ini mengintegrasikan dua core dengan core processor yang slim. Secara kontras menggunakan pendekatan yang disebut chip multi-processing, yaitu menggunakan core individu yang lengkap dan multi-threading.

Buldoser merupakan salah satu core CPU yang ditunjukan untuk 10-125 watt TDP produk komputasi. Yang sudah di keluarkan pada kwartal ketiga tahun 2011. Processor ini memiliki L1 cache  tersendiri, sebagai unit floating point, cache L2 serta fetch, decode dan unit prediksi untuk mengaktifkan chip multi-threading (CMT) Intel, yang secara kontras menggunakan pendekatan yang disebut chip multi-processing.

“Salah satu hal penting di sini adalah bahwa Bulldozer adalah salah satu desain yang baru pertama dari AMD dalam satu dekade,” kata Nathan Brookwood, Analis dari Insight 64 yang dikutip Telsetnews, Senin (7/3).

Brookwood menambahkan, salah satu perubahan desain yang lebih menarik dalam Bulldozer adalah kemampuan untuk secara dinamis mengalokasikan sumber daya pada tugas single-threaded.Pada dual core tradisional. Selain itu, sumber daya untuk setiap core off berdinding tidak dapat digabungkan., karena dalam Bulldozer, semua sumber daya dari modul ini dapat dibuang di itu thread.

Menurut AMD Chip yang dapat  berbagi cache L2 atau L3 ini, tetapi secara umum dipartisi off dari satu sama lain. Dengan Bulldozer, blok dari sebuah perubahan chip multi-core dari inti off berdinding tunggal lebih dari suatu dupleks. Dua inti terjalin erat dan berbagi fetch, decode, scheduler floating-point, dan dual 128-bit menyatu-baik-menumpuk unit atau FPUs.

Bulldozer akan berjalan pada kecepatan hingga 3,5 GHz. Prosesor ini akan diproduksi oleh Global Foundries dengan proses 32 nm. Satu modul Bulldozer dengan dua core akan menampung sekitar 213 juta transistor dan memiliki luas permukaan hanya 31 mm, termasuk cache L2. [wn/ hbs]

{jcomments on}

Previous articleMSI Ganti Beberapa Seri Produknya
Next articleMenyaksikan dan Merekam 3D dengan Acer Revo 100

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here