telset

China Berambisi yang Pertama Kirim Ekspedisi ke Sisi Gelap Bulan

Telset.id, Jakarta – Ketika sedang menatap langit dan melihat bulan, pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang ada di sisi belakang atau sisi gelap satelit alami dari bumi tersebut?

Jika pernah, mungkin Anda tidak sendirian, karena banyak para peneliti di berbagai negara seperti Amerika, Rusia, India hingga China pun penasaran dengan apa yang ada di bagian belakang bulan.

Saking penasarannya, ada sejumlah negara yang berencana untuk melakukan penelitian tentang sisi gelap dari bulan. Salah satu negara yang sudah memastikan akan menjelajahi sisi gelap dari bulan itu adalah China.

Ya, China menjadi negara yang berencana akan mengirimkan misi ruang angkasa untuk menyelidiki hal yang membuat penasaran banyak warga bumi itu. China telah mengumumkan bahwa pada 2018 nanti, mereka berencana akan meluncurkan misi ekspedisi untuk penyelidikan sisi gelap dari bulan.

Selain melaksanakan misi tersebut, China juga akan terus melanjutkan proyek eksplorasinya di bulan selama lima tahun ke depan. Untuk misi utamanya, selain mengetahui sisi gelap dari bulan, mereka juga ingin mengetahui topografi serta geologi dari bulan lewat penelitian.

[Baca juga: China Uji Coba Matahari Buatan, Hasilkan Suhu 50 Juta Kelvin]

Untuk memenuhi misi tersebut, China akan membuat tiga langkah strategis yakni “Orbiting, Landing, dan Returning” untuk proyek ekspedisi bulan yang juga akan menugaskan lunar probe Chang’e-5 pada akhir 2017 mendatang.

“Melakukan penelitian dan surveri geologi, serta mengamati dan meneliti frekuensi rendah dari radio astronomi akan dilakukan di daerah pendaratan di sisi jauh bulan untuk memahami pembentukan dan evolusi bulan,” jelas sebuah dokumen White Paper yang berjudul ‘China’s Space Activities in 2016’, seperti dilansir Tim Telset.id dari Wittyfeed.

[Baca juga: Smartphone Emas dengan Tema ‘Kota Terlarang’ Tuai kritikan di China]

Jika misi China ini berhasil, tentunya rasa penasaran para warga bumi akan sisi gelap dari bulan bisa terjawab. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0