telset

Charles Walton, Penemu Teknologi RFID Meninggal

Jakarta – Dunia telekomunikasi kembali harus kehilangan sosok seorang inovatornya. Charles Walton yang dikenal sebagai penemu teknologi RFID telah meninggal dunia pada umur 89 tahun.

Penemu teknologi RFID atau Radio Frequency Identification ini dikabarkan meninggal dunia karena usia lanjut. Tidak diketahui apakah Walton mengidap satu penyakit sebelum akhirnya wafat.

Teknologi identifikasi Frekuensi Radio hasil karyanya ini sekarang telah banyak diterapkan di hampir di semua lini industri. Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Label atau kartu RFID biasanya dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio.

Sebagai penemu, Charles Walton tentunya tidak hanya berhenti pada teknologi RFID. Lebih dari 50 paten teknologi telah ia lakukan selama hidupnya. Semua penemuannya bermula dari Army Signal Corps dimana Walton bekerja setelah menjadi teknisi listrik di Cornell University.

Pada tahun 1960, ia menerima posisi di IBM, dimana ia melakukan penelitian pada hard disk sebelum mendirikan perusahaannya sendiri, Proximity Devices, pada tahun 1970.  Kemudian  ia kembangkan bersama perusahaan Schlage  yang dimana semua kunci hidupnya terbentuk.

Dalam salah satu wawancara dengan majalah Venture Beat pada tahun 2004 ia pernah berucap, “Saya merasa baik tentang semua hal itu dan bersyukur aku bisa memberikan kontribusi pada dunia,” katanya, yang Telsetnews kutip dari Engadget, Rabu (30/11). Selamat tinggal Charles Walton.[tsn/hbs]{jcomments on}

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0