Ingin Lebih Cepat, Microsoft Gandeng Mozilla

Speed ilustrasi
Ilustrasi (ist)

JAKARTA – Pada OS Windows 10, browser Microsoft, baik IE dan Spartan, akan mendapatkan speed up dari teknologi Firefox, terutama untuk game berbasis Web di JavaScripts. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi OS Windows untuk menampilkan performa terbaik.

Kerja sama ini tidak pernah terfikirkan sebelumnya. Microsoft secara kuat melakukan endorse teknologi Mozilla, yakni asm.js untuk membawa game dengan grafik intens dan performa perangkat lunak penting lain untuk Web.

Kerja sama ini tentu saja menyenangkan bagi Mozilla, sebagai produsen Firefox. Sebab misi utama kerja sama ini untuk mempromosikan Web sebagai bagian terbuka dari komputasi. Di waktu lampau, untuk menarik perhatian pengguna software ke Web, Mozilla membangun asm.js yang didesain untuk mengakselerasi beberapa software Web, misal game dengan karatker yang membutuhkan lingkungan 3D.

Sementara Microsoft punya misi lain. Seperti dilansir telsetNews dari Cnet, Jumat (20/2/2015), melalui kerja sama ini, Microsoft ingin mendorong programer untuk menulis lebih banyak software untuk Windows.

Microsoft mengumumkan akan membangun asm.js ke Chakra, komponen inti dalam IE dan Spartan di Windows 10. Chakra adalah media Microsoft untuk menjalankan program yang ditulis di JavaScripts, bahasa pemrograman di Web.

Dengan kerja sama ini, Windows 10 dalam IE dan Spartan akan berkompetisi dengan nyaman dengan teknologi Web lain seperti Safari, Firefox, Chrome, dalam rangka menarik minat pengembang Web. Selain itu, Microsoft merangkul teknologi lain untuk mendukung eksistensi Microsoft, sesuai arahan CEO Microsoft Satya Nadella.[AI/HBS]

SourceCnet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI