Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar untuk Semua Operator

Telset.id, Jakarta – Meski sudah cukup lama aturan registrasi kartu prabayar disosialisasikan pemerintah dan operator, namun masih banyak pelanggan yang belum mendaftarkan nomor kartu prabayar. Padahal, jika hingga 1 Mei 2018, maka nomor yang belum didaftarkan akan diblokir secara permanen.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo telah menegaskan bahwa operator wajib melakukan pemblokiran sebagaimana yang tercantum dalam Ketetapan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Seluler.

Namun ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui soal aturan registrasi kartu ini, dan bagaimana cara registrasi kartu prabayar. Oleh sebab itu, tim Telset.id akan merangkum tips bagaiman cara untuk mendaftarkan kartu prabayar untuk semua operator.

{Baca juga: Cara Unreg Kartu Prabayar yang Sudah Didaftarkan}

Cara regsitrasi ulang kartu prabayar ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni lewat SMS ke 4444, bantuan Dukcapil dan Kominfo, dan melalui website resmi setiap operator seluler.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Telkomsel (Simpati, Kartu AS, Loop)

Registrasi via SMS ke nomor 4444:

Cara registrasi kartu Telkonsel untuk pelanggan lama yang ingin registrasi ulang, ketik ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444. Untuk pelanggan baru, ketik REG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Registrasi Lewat Website:

Silahkan Anda kunjungi website Telkomsel, setelah itu isi No.Handphone, No.KTP, dan No.KK, kemudian klik “dapatkan password”, sistem akan mengirimkan password ke nomor Telkomsel. Masukan password tersebut kedalam formulir tadi, dan klik “kirim”.

Proses registrasi berlangsung sekitar 1×24 jam atau lebih cepat.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu XL dan Axis

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Bagi pelanggan lama yang ingin melakukan regsitrasi ulang kartu prabayar XL dan Axis, bisa melalui SMS dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Untuk pelanggan baru XL dan Axis dapat melakukan resgistrasi dengan format DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK.

Registrasi Lewat Website:

Registrasi ulang kartu prabayar XL dan Axis juga dapat dilakukan melalui situs resmi yang bisa Anda ikuti di website XL. Silahkan mengikuti petunjuk yang tertera seperti memasukan nomor handphone, nomor NIK, dan nomor KK.

{Baca juga: Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar untuk Pelanggan Baru dan Lama}

Bagi pelanggan XL dan Axis yang ingin mengecek apakah sudah teregistrasi atau belum, bisa melakukan panggilan melalui USSD dengan format *123*4444#.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Indosat

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Registrasi ulang bagi pelanggan lama Indosat dapat dilakukan dengan mengirim SMS dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kirim ke nomor 4444.

Bagi pelanggan baru, cara melakukan registrasi kartu Indosat bisa dilakukan dengan mengirim SMS dengan format Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Registrasi via Website:

Cara daftar dan registrasi ulang kartu prabayar Indosat juga dapat dilakukan melaui link berikut ini. Selain untuk daftar dan registrasi ulang, Anda juga dapat mengecek status nomor.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Prabayar Tri

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Bagi Anda pelanggan lama, cara registrasi ulang kartu Tri dapat dilakukan melalui SMS dengan format Nomor ULANG#NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Untuk calon pelanggan Tri, bisa melakukan registrasi dengan format Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Registrasi Lewat Website:

Untuk memudahkan pelanggan, operator juga telah menyiapkan formulir registrasi online. Anda bisa mengunjungi website Tri ini untuk melakukan registrasi dan daftar ulang kartu prabayar Tri.

Perlu diketahui, selain memasukan ketiga syarat diatas, pelanggan baru juga akan diminta untuk memasukkan empat angka terakhir nomor seri yang terdapat dibelakang kartu SIM. Sementara itu, bagi pelanggan aktif/lama, akan diminta memasukkan kode rahasia yang akan dikirim via SMS.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Smartfren

Registrasi Lwat SMS ke nomor 4444:

Regsitrasi kartu prabayar Smartfren dapat dilakukan melalui sms ke nomor 4444 dengan format: Nomor NIK#Nomor KK. Cara ini berlaku untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama yang sudah aktif.

Registrasi Lewat Website:

Anda bisa mengunjungi website Smartfren untuk menuju ke halaman regsitrasi online kartu prabayar Smartfren. Kemudian isi semua formulir dengan benar seperti nomor KK, NIK, dan nomor handphone. Anda juga bisa melakukan upload dokumen melalui tombol yang tersedia. [MS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI