telset

Cara Melihat Fenomena Planet Mars Sangat Dekat dengan Bumi

Telset.id – Fenomena langka penampakan Planet Mars yang dekat dengan Bumi akan terjadi malam ini (06/10/2020). Terdapat cara mudah yang bisa Anda ikuti untuk melihat fenomena langka tersebut.

Melansir dari Earth Sky, fenomena Planet Mars dekat dengan Bumi terjadi ketika Mars berada dititik terdekat dengan Bumi. Jarak antara Mars dan Bumi sangat dekat sekitar 34,65 juta mil atau 55,76 km.

Dengan jarak yang dekat maka Anda akan bisa melihat Mars karena planet tersebut termasuk kategori objek terang.

{Baca juga: Peneliti Temukan Sumber Air di Mars, Bukti Ada Kehidupan}

Nantinya Anda akan melihat Mars di langit dengan warna merah yang khas. Bahkan terangnya Mars akan lebih terang ketimbang bintang-bintang lainnya.

Fenomena ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya telah terjadi 2 kali fenomena serupa di Bumi. Pertama pada pada 27 Agustus 2003 dengan titik terdekat sejauh 34,65 juta mil atau 55,76 juta km.

Kedua pada tanggal 31 Juli 2018 dengan titik terdekat sekitar 35,78 juta mil atau 57,59 juta km. Sedangkan fenomena malam ini menjadi fenomena ketiga yang akan terjadi di Bumi.

Di Indonesia, fenomena Planet Mars dekat ke Bumi bisa dilihat pada 6 Oktober 2020 pukul 14:00 UTC atau 21:00 WIB.

Fenomena langka ini jangan Anda lewatkan karena diprediksi fenomena serupa akan terjadi 15 tahun mendatang sekitar bulan September 2035.

{Baca juga: Misi Gila Elon Musk, Kirim Orang ke Mars Tahun 2024}

Bagi yang penasaran ingin melihatnya, Tim Telset.id akan memberikan cara untuk melihat fenomena Planet Mars dekat dengan Bumi. Yuk disimak!

  • Anda bisa melihat fenomena ini dengan mata telanjang, namun jika ingin lebih jelas Anda bisa menggunakan alat bantu seperti Teleskop.
  • Tepat pada pukul 21.00 WIB silahkan melihat ke sebelah Timur. Mars akan terlihat di sebelah timur pada waktu malam dan di barat sebelum fajar.
  • Nantinya Mars akan bersinar dengan warna merah dan bersinar lebih terang dibandingkan bintang-bintang lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0