Cara Gunakan Telegram Web di PC dan Laptop Paling Mudah

Telegram web

Telset.id – Sama seperti aplikasi berbagi pesan lainnya, Telegram juga bisa digunakan dengan berbagai metode. Layanannya bisa diakses melalui Telegram web atau juga melalui aplikasi yang bisa diunduh terlebih dulu.

Saat ini, pengguna aplikasi Telegram memang lebih banyak dibanding pengguna yang mengakses layanan melalui web Telegram.

Akan tetapi, untuk para pengguna yang mengguna PC atau laptop sebagai media aksesnya, tentu bertukar pesan teks, suara, video, dan yang lainnya bisa lebih mudah melalui Telegram web.

Keunggulan Telegram

Telegram memang tidak sepopuler WhatsApp. Meski begitu, aplikasi chat ini sebenarnya tidak kalah menarik, karena menawarkan sejumlah kelebihan, yang tidak dimiliki WhatsApp.

Salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki para pesaingnya adalah kemampuannya menampung sampai 5.000 pengguna dalam satu grup.

{Baca juga: Aplikasi Telegram Bakal Hadirkan Fitur Video Call}

Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim file dengan ukuran besar, yakni hingga 1,5 GB per file. Kalau dibandikan WhatsApp, hanya mampu maksimal mengirimkan file hingga 16 MB per file.

Fitur menarik lainnya adalah, Telegram menyediakan fitur percakapan rahasia yang hanya bisa diakses pengguna tertentu. Aplikasi ini juta bisa diakses pada berbagai perangkat, seperti PC, laptop, ataupun smartphone.

Cara Menggunakan Telegram Web di PC dan Laptop

Telegram memang menjadi idola baru bagi masyarakat pengguna aplikasi berbagi pesan, di samping WhatsApp, Line, FB Messenger, dan aplikasi lainnya.

Ada beberapa fitur yang membuat Telegram menjadi sepopuler sekarang, salah satunya adalah tingkat keamanan dan privasi di Telegram yang sangat baik.

Jika tertarik mencobanya, berikut ini cara menggunakan Telegram web melalui browser di PC maupun laptop dengan mudah.

Buka situs Web Telegram

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa mengakses seluruh fitur di website Telegram adalah dengan membuka situsnya melalui browser terlebih dahulu.

Tidak tahu alamatnya? Jangan khawatir, langsung saja klik di sini agar bisa masuk ke laman login di website Telegram.

Login Telegram Web

Setelah masuk ke laman login Telegram Web, nantinya akan terlihat beberapa kolom yang harus diisi. Selain itu, ada juga kolom yang sudah otomatis terisi, seperti kolom negara yang sudah terisi ‘Indonesia’.

Sementara kolom yang harus diisi adalah kolom nomor ponsel. Pada kolom tersebut baru terisi kode negara, pengguna hanya perlu melanjutkannya dengan mengisi nomor ponsel aktif dari angka 8 hingga seterusnya.

{Baca juga: Cara Download Video YouTube Pakai Aplikasi Telegram}

Sesudah menuliskan nomor HP, tekan tombol Next di sisi kanan atas atau tekan ENTER untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Klik OK jika muncul notifikasi pop-up yang meminta klarifikasi terkait kecocokan nomor yang dimasukkan.

Terima Kode Verifikasi

Jika nomor telepon yang dimasukkan sesuai dan aktif, pengguna akan menerima SMS berisi kode verifikasi.

Selain itu, jika pengguna juga sudah memasang aplikasi Telegram di smartphone android ataupun iPhone, kode verifikasi pun akan dikirimkan melalui aplikasi tersebut.

Buka SMS atau pesan tersebut, nantinya pengguna bisa melihat kode verifikasi yang terdiri dari lima angka.

Masukkan Kode Verifikasi

Setelah mendapatkan kode verifikasi, kembali ke browser yang sedang mengakses Telegram web di PC ataupun di laptop.

Klik bagian teks di bawah tulisan ‘Enter your code’, kemudian masukkan lima digit kode verifikasi yang sebelumnya telah didapat.

Telegram Web Sudah Bisa Digunakan

Website Telegram akan langsung mengecek kode verifikasi yang telah dimasukkan. Jika yang dimasukkan benar, secara otomatis pengguna akan langsung masuk akun Telegram yang telah dimilikinya.

Sampai di tahap ini, pengguna sudah bisa berkirim pesan dalam bentuk teks, audio, video dengan teman-teman melalui Telegram Web.

Logout Telegram Web

Jika memiliki kebiasaan logout atau keluar dari akun yang diakses melalui browser, atau kebetulan mengakses website Telegram dari perangkat milik orang lain, logout Telegram Web sangat mudah dilakukan.

{Baca juga: Telegram akan Punya Fitur Grup Panggilan Video}

Cukup klik menu dengan ikon tiga garis horizontal yang terletak di sisi kiri atas. Setelah itu, klik menu Settings. Gulirkan hingga ke opsi paling bawah, kemudian klik opsi Log Out.

Jika muncul notifikasi yang bertuliskan ‘Are you sure want to log out?’, klik Log Out. [MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here