Canggih! Militer Amerika Pakai “SHiELD” untuk Tembak Jatuh Rudal

Telset.id, Jakarta – Bukan rahasia lagi bahwa militer Amerika Serikat (AS) terus mengembangkan teknologi senjata laser bernama SHiELD atau Self-Protect High Energy Laser Demonstrator untuk meningkatkan kemampuan persenjataan. Teknologi yang digunakan Angkatan udara AS itu pun sepertinya menuai kesuksesan.

Baru-baru ini, angkatan udara AS mengklaim sukses menguji sistem SHiELD yang mampu menembak jatuh beberapa rudal. Sistem tersebut dipasang di pesawat sehingga dapat digunakan untuk melindungi jet tempur.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (06/05/2019), uji coba senjata laser dilakukan di Range Rudal White Sands AS di New Mexico oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Udara.

{Baca juga: AS Waswas dengan Teknologi Militer China, Kenapa?}

Sistem SHiELD berhasil menembak jatuh beberapa rudal udara yang diluncurkan ke langit. Keberhasilan itu merupakan lompatan besar terkait sistem energi terarah dan perlindungan terhadap ancaman.

Komandan laboratorium penelitian angkatan udara AS, Mayor Jenderal William Cooley menjelaskan, sistem senjata laser akan dipasang di semua jet sehingga dapat menembak jatuh rudal yang diluncurkan dari permukaan ke udara.

{Baca juga: Militer AS Siap Pakai Senjata AI untuk Kalahkan Musuh}

“Sistem laser di jet juga mampu melumpuhkan rudal yang ditembakkan dari udara. Kesuksesan uji coba kali ini membuktikan bahwa senjata yang kami miliki merupakan yang terkuat, khususnya untuk area udara,” tegasnya.

Sistem laser di jet membantu pilot membidik ulang untuk mencapai target dengan cukup cepat dan akurat. Namun demikian, belum ada keterangan resmi,kapan tepatnya sistem tersebut akan sah digunakan di pesawat tempur AS. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -