Canggih! Ilmuwan Ini Buat Virus Pintar untuk Lawan Kanker

Telset.id, Jakarta – Sekelompok ilmuwan berhasil menciptakan solusi penting di bidang kesehatan khususnya untuk pengobatan kanker. Kelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Daniel Pinschewer dari University of Basel dan Doron Merkler dari University of Geneva itu berhasil menciptakan virus buatan yang dapat menghilangkan sel kanker.

Virus buatan yang dibangun berdasarkan lymphocytic choriomeningitis virus (LCMV) tersebut mampu membantu dan merangsang pertahanan tubuh si penderita kanker dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh perawatan yang ada pada umumnya.

[Baca juga: Ini Dia 10 Smartphone Paling Buruk untuk Kesehatan]

“Kami memanfaatkan fitur infeksi LCMV untuk tujuan immunotherapy, di mana Sel T merupakan mekanisme utama untuk perlindungan,” kata Pinschewer seperti dikutip Tim Telset.id dari Digital Trends, Jumat (02/06/2017).

Lanjut menurutnya, dengan meniru LCMV yang dapat menginfeksi hewat pengerat dan juga manusia, para ilmuwan mampu merangsang sistem kekebalan tubuh tikus untuk membentuk atau menciptakan kumpulan sel pembunuh atau cytotoxic T-lymphocytes yang akan mengidentifikasi sel kanker melalui protein-nya dan langsung menghancurkan sel tersebut.

[Baca juga: Mirip Flashdisk, Ternyata Alat Ini untuk Deteksi HIV]

“Kami menemukan, dalam kondisi eksperimental, respon kekebalan yang dipicu oleh vektor baru ini lebih kuat dan berkualitas lebih baik daripada yang dipicu oleh vektor tradisional,” klaim Merkler.

Menurut Pinschewer, penelitian ini hanya dilakukan pada hewan pengerat, sehingga keberhasilannya pada manusia masih belum dapat dikonfirmasi. Namun dirinya mengharapkan percobaan ke manusia akan dimulai dalam dua tahun ke depan. (FHP/HBS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -