Canggih! BMW Pamer ‘Moge’ Otonom

Telset.id, Jakarta – Tak mau kalah dengan raksasa otomotif lain, BMW juga mengembangkan kendaraan yang bisa mengemudi sendiri (otonom) alias self driving. Kali ini perusahaan asal Jerman ini memamerkan moge (motor gede) otonom jenis adventure R1200GS.

Seperti dilansir Engadget, Kamis (13/9/2018), BMW dilaporkan mengembangkan moge otonom mahal ini untuk meningkatkan upaya keselamatannya.

BMW butuh dua tahun untuk mengembangkan motor yang juga digunakan oleh pihak Korlantas Polri dalam pengawalan Asian Games 2018 lalu.

Baca juga: Toyota Suntik Rp 7,3 Triliun untuk Mobil Otonom Uber

Alhasil sepeda motor tanpa pengendara ini dapat mulai bergerak, berakselerasi, berhenti dan bahkan bersandar sendiri. Sayangnya motor ini tidak akan bisa berseliweran di jalanan dalam waktu dekat.

Pabrikan pembuat mobil mewah ini menjelaskan bahwa mereka menciptakan sepeda motor self driving bukan untuk konsumen, tetapi untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kendaraan roda dua dapat menerapkan fitur keselamatan baru.

“Prototipe ini membantu memperluas pengetahuan kami tentang dinamika kendaraan, sehingga kami dapat mengklasifikasikan perilaku pengemudi dan menentukan apakah situasi masa depan akan menjadi berbahaya atau tidak,” kata Insinyur Keselamatan Motorrad Stefan Hans.

Ketika banyak produsen mengembangkan mobil dengan banyak fitur bantuan mengemudi, sepeda motor nampaknya belum mendapat perlakuaan serupa.

Pastinya akan menarik untuk melihat apa jenis fitur keselamatan yang dikembangkan BMW Motorrad dengan bantuan sepeda motor yang bisa mengemudi sendiri ini.

Sebelumnya BMW melakukan terobosan baru dengan memulai produksi sistem pengisian induktif mutakhir yang akan diterapkan pada mobil listrik besutannya pada Juli 2018.

Sistem tersebut akan bisa digunakan banyak kendaraan listrik plug-in hybrid buatan produsen mobil asal Jerman itu. Rencananya, seperti dilansir majalah Car, fitur anyar tersebut akan dipakai BMW 530e iPerformance.

Baca juga: Akhirnya Uber Setop Program Truk Otonom

Pengisian daya nirkabel diperkirakan akan tersedia untuk pelanggan Eropa pada akhir musim panas. Pastinya teknologi mutakhir ini juga akan mendarat di AS, meskipun sebagai program percontohan terbatas pada pengemudi BMW 530e di California.

Teknologi pengisian BMW terdiri dari pad dasar dengan koil primer terintegrasi yang dapat dipasang tidak hanya di garasi, tetapi juga di luar ruangan. Selain itu ada kumparan sekunder yang terletak di bagian bawah kendaraan. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI