telset

BRTI: Telpon Rumah Tidak Boleh Dibundling IndiHome

JAKARTA, TELSET.id – Protes pelanggan Telkom soal pencabutan telpon rumah karena berhenti berlangganan layanan Internet IndiHome sampai juga ke kuping BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia). Telkom telah diminta untuk mengklarifikasi masalah tersebut. Lalu apa tanggapan BRTI?

Pihak BRTI dan Telkom telah menggelar pertemuan untuk membahas masalah pengaduan pelanggan yang sambungan telepon rumahnya  dicabut karena berhenti langganan layanan Internet IndiHome.

“Kemarin kami sudah melakukan pertemuan dengan Telkom untuk membahas soal masalah IndiHome. Tapi pertemuan itu hanya sebatas minta klarifikasi, bukan teguran atau peringatan,” kata Anggota Komisioner BRTI I Ketut Prihadi Kresna, Sabtu (6/2/2016).

Ia mengungkapkan, dalam pertemuan itu Telkom memberikan alasan sambungan telpon diputus karena jaringan yang digunakan untuk bundling Indihome memakai fiber optik. Dalam paket Triple Play yang dijual, layanan telpon rumah disatukan dengan layanan Internet dan juga TV kabel.

[Baca juga: Alasan Telkom Cabut Telpon Rumah kalau Berhenti IndiHome]

Menurut Ketut, hal seperti itu (bundling layanan) harusnya tidak boleh dilakukan, karena Telkom tidak diizinkan melakukan bundling layanan telepon rumah dengan IndiHome. Itu berarti, Telkom harus menjamin bahwa pengguna bisa memilih layanan yang ingin mereka pakai.

“Harusnya pelanggan Telkom dibolehkan memilih berhenti langganan IndiHome dan cuma ingin pakai telpon rumah saja. Perusahaan harus tetap melayani pilihan tersebut,” ujar Ketut.

Ditegaskannya, Telkom memiliki kewajiban untuk memberikan layanan jasa teleponi dasar, karena sesuai dengan ketentuan dalam izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal dan jasa teleponi dasar yang diberikan kepada Telkom, dan sesuai dengan ketentuan Pasal 19 PP52/2000.

“Telkom itu kan punya izin untuk jaringan tetap lokal berbasis voice, IP TV, dan Internet service provider. Jadi secara regulasi, Telkom tidak boleh membundling layanannya. Kalau ada yang ingin berhenti IndiHome tapi ingin tetap pakai telepon rumah, harus tetap dilayani,” tegasnya.

[Baca juga: Berhenti Langganan IndiHome, Telkom Cabut Telpon Rumah]

Dari hasil pertemuan itu, lanjut Ketut, Telkom telah menyatakan komitmennya untuk tetap memberikan layanan telepon rumah kepada pelanggan yang ingin berhenti berlangganan IndiHome. “BRTI  akan terus melakukan pemantauan terhadap komitmen Telkom ini,” ucapnya.

Namun, Ketut mengingatkan, meski saluran telpon bisa kembali dilayani, tapi nomor telepon pengguna yang berhenti langganan IndiHome kemungkinan sudah hangus, karena masalah teknis. “Jadi pelanggan IndiHome akan mendapat nomor telepon baru,” kata Ketut.

Next: Nomor telpon hangus

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0