telset

BRTI Awasi CP Nakal dengan Audit Forensik

Jakarta – Mendapat desakan dari banyak pihak untuk lebih pro-aktif mengawasi operator dan content provider (CP) nakal, pihak Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bekerjasama dengan Bareskrim Mabes Polri akan melakukan audit forensik pada layanan SMS Premium.

“Sesuai lima kesimpulan rapat yang dihasilkan dalam pertemuan dengan operator dan CP hari ini, maka kami akan mengawasi secara ketat semua layanan premium dari para operator dan CP, ujar anggota BRTI Dhanrivanto usai rapat di kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (11/10).

Dhanrivanto menjelaskan, pada audit forensik itu nantinya BRTI akan melakukan pengawasan, mulai dari soal audit hukum, dan cross examination. Ini agar tidak ada kesalahpahaman dengan pihak operator dan CP, karena tidak semua CP nakal,” kata Dhanrivinto menjelaskan.

Menurutnya, pada saat nanti ada pengaduan dari pelanggan, maka para CP masih diberi kesempatan dulu. Dan apabila masih mengulangi perbuatannya, CP akan dihadiahi surat peringatan tertulis. Tapi kalau tiga kali masih bandel juga, maka izin mereka otomatis akan kami cabut,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, BRTI tak bisa asal menindak para pelaku penipuan lewat layanan SMS, karena penegakkan regulasi dan undang-undang terkait pemberian sanksi dan kewajiban membayar ganti rugi konsumen harus sesuai koridor hukum.

Ia pun tak sependapat akan usulan moratium layanan SMS Premium yang dilontarkan pihak Komisi I DPR saat digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa waktu lalu. di Komisi I DPR RI kemarin. Moratorium tak bisa dilakukan secara sepihak, tandasnya.

Dhanrivanto menyebutkan, moratorium tidak lantas menghentikan sama sekali industri kreatif, karena jika hal itu sampai terjadi, pihaknya pasti akan didemo CP karena diaanggap telah mematikan usaha mereka.

Padahal, menurutnya, pemerintah saat ini tengah mendorong berkembangnya industri kreatif di tanah air. Saat ini kita sedang menggelar acara INAICTA sebagai bentuk dukungan kamui pada industri kreatif di tanah air, jelas Dhanrivanto.[hbs]{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0