Bos WhatsApp: iMessage di iOS 8 ‘Jiplak’ Fitur WhatsApp

Messages di iOS 8Jakarta – Sistem operasi mobile Apple iOS 8 membawa sejumlah fitur baru. Salah satu fitur yang diperbarui pada iOS 8 adalah layanan iMessage. Namun fitur baru ini ternyata dianggap meniru fitur serupa yang ada di WhatsApp.

Seperti telah Telsetnews tulis sebelumnya, layanan iMessage di iOS 8 kini telah diperbarui dengan memasukan sejumlah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video, audio dan lokasi.

Fitur baru di iMessage ini tentu saja disambut gembira oleh para Apple fanboy. Namun tak sedikit orang yang mencemooh “inovasi baru” Apple tersebut. Pasalnya, fitur baru di iMessage itu dianggap hanya meniru fitur serupa yang ada di WhatsApp.

Kritikan pedas dilontarkan CEO WhatsApp, Jan Koum, yang mengatakan Apple telah mencuri fitur-fitur yang ada di WhatsApp. Lewat akun Twitter-nya, bos WhatsApp ini menyindir iMessage di iOS 8.

“Sangat tersanjung mengetahui Apple “meminjam” banyak fitur WhatsApp ke iMessage di iOS 8 #innovation,” kicau Koum menyindir Apple lewat akun Twitter-nya, yang telsetNews kutip dari Mashable, Kamis (5/6/2014).

Tweet CEO WhatsApp soal iMessage di iOS 8

Sebenarnya tak cuma WhatsApp, karena iMessage di iOS 8 juga meminjam – atau bisa dibilang meniru – fitur unik ‘self-destruct’ yang sangat populer di Snapchat. Fitur ini memungkinkan pesan lampiran bisa terhapus sendiri.

Selain itu, layanan cloud storage iDrive yang bakal segera hadir juga terlihat sangat mirip dengan layanan cloud storage populer Dropbox. Jadi, bukan hanya fitur-fitur WhatsApp saja yang “dicuri” Apple.

Tak hanya WhatsApp, Apple juga mendapat kritik karena fitur barunya itu juga sepertinya ‘meminjam’ fitur Snapchat. Dalam demo yang dipresentasikan, Apple menunjukkan pesan lampiran tersebut bisa ‘terhapus sendiri’, fitur unik yang ada pada layanan Snapchat.

Namun pihak Snapchat menanggapi masalah ini dengan cara lebih diplomatis. “Ini menarik melihat perusuhaan lain mulai menganut (sistem) penghapusan secara bawaan,” kata seorang perwakilan Snapchat kepada Mashable.

Appe memang kebanjiran kritik karena menghadirkan banyak fitur baru di iOS 8 hanya meniru dari layanan lain. Selain WhatsApp dan Snapchat tadi, fitur Notifikasi Interaktif di iOS 8 mirip dengan fitur Quick Replay di BlackBerry 10. Selain itu, layanan cloud storage iDrive yang akan segera hadir juga terlihat sangat mirip dengan layanan cloud storage populer Dropbox.

Harus diakui, sepeninggal sang maestro Steve Jobs, Apple seperti kehabisan akal untuk menelorkan inovasi yang benar-benar orisinil baru. Apple yang dulu dikenal sebagai innovator, kini seakan berubah menjadi “follower”.

Well, bagaimana menurut Anda, apakah Apple memang terang-terangan sudah “mencuri” inovasi aplikasi lain? Atau apakah ini hanya evolusi alami dari perkembangan teknologi di smartphone? Silahkan Anda punya jawaban sendiri.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0