telset

Bos Android Andy Rubin Letakkan Jabatan

CEO Android, Andy Rubin
CEO Android, Andy Rubin

Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari markas Google. Andy Rubin, orang yang membidani lahirnya sistem operasi Android ini menyatakan mundur dari jabatannya sebagai CEO Android.

Keputusan Rubin untuk mundur dari jabatannya memang cukup mengejutkan, mengingat saat ini ‘robot hijau’ yang merupakan hasil karyanya sedang naik daun dengan menguasai pasar sistem operasi dunia.

Rubin adalah orang yang menggerakan Google untuk tidak hanya bekerja sebagai mesin pencarian saja. Berkat kerja kerasanya, Google merilis smartphone Android pertama, T-Mobile G1, pada Oktober 2008.

Usahanya ini berbuah manis. Sekarang Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan, dengan lebih dari 1,35 juta aktivasi per hari, dan 750 juta perangkat Android yang aktif.

Dalam suratnya, Rubin mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh mitra Android yang telah bersamanya membawa Android sukses seperti sekarang.

Menurut dia, timnya telah bekerja keras untuk mencapai pencapaian setinggi-tingginya dalam waktu yang cukup singkat. Dimulai dari anggota yang hanya berisi 34 orang menjadi 85 anggota.

Dikutip telsetNews kutip dari Slashgear, Kamis (14/3), posisi Rubin akan digantikan oleh Sundar Pichai, VP Senior Google Chrome. Pichai sebelumnya adalah eksekutif yang mengawasi browser Chrome dan aplikasi seperti Google Drive dan Gmail.

Walaupun telah mundur dari jabatannya, namun Rubin masih tetap berada di Google. Masih belum diketahui divisi apa yang akan ia pimpin pasca pengunduran dirinya. Sejumlah analis memperkirakan, Rubin akan mengisi pos baru untuk memegang kendali beberapa proyek-proyek penting seperti kacamata Google atau mobil autonomous Glass. [lkh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0