Bluetooth 5 Miliki Jarak Empat Kali Lipat Lebih Jauh

Telset.id,Jakarta – Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengumumkan rincian dari Bluetooth 5. Versi berikutnya ini kabarnya akan memiliki kecepatan transfer data dua kali lipat dan empat kali lipat jarak kirim dibanding Bluetooth 4.

Untuk kemampuan kecepatan transfer data dua kali lipat tentunya memudahkan ketika mengirim file yang cukup besar. Keunggulan lain tentunya jarak cakupan Bluetooth 5 yang lebih jauh yaitu empat kali lipat sehingga lebih mudah digunakan dalam berbagai situasi.

Menurut rumor yang beredar teknologi Bluetooth versi terbaru ini akan dirilis dalam rentang waktu akhir tahun 2016 hingga awal 2017. Tentunya saat peluncurannya nanti SIG akan menggandeng beberapa vendor terkemuka yang akan disandingkan dengan Bluetooth versi 5.

Perubahan besar juga disajikan dengan fitur connectionless IoT yang mengubah cara kirim file tradisional. Sistem app-paired-to-device akan dihapuskan dan diganti dengan connectionless IoT.

Sistem baru ini lebih mudah digunakan karena pengguna hanya perlu mendownload aplikasi dan dapat digunakan selamanya. Jika ingin mengirim data tak perlu melakukan pairing karena sistemnya sama seperti Wifi Direct.

Untuk kapasitas broadcast messaging juga dierluas hingga 8 kali lipat sehingga untuk penyebaran file lebih mudah dan cepat.  Bluetooth 5 akan lebih memudahkan penyebaran informasi dengan sistem location-based services baik saat pengguna berada di rumah maupun kantor.

Memang sampai saat ini belum dijabarkan secara detail skema dan aplikasi apa yang akan dipakai, minimal dengan hadirnya Bluetooth 5 proses pengiriman file dapat lebih cepat dan lebih jauh. (MS)

Sourcegizchina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI