telset

BlackBerry Belum Ada Rencana Kembangkan Playbook

Ilustrasi
Ilustrasi tablet Playbook BB10

Jakarta – Sesaat usai mengikuti acara peluncuran BlackBerry Z10 di Australia, CEO BlackBerry Thorsten Heins, sempat membahas soal nasib dari perangkat tablet BlackBerry PlayBook.

Seperti dilaporkan Herald Sun, orang nomor satu di BlackBerry itu menyatakan bahwa perusahaannya tidak akan melupakan ‘jasa’ Playbook, karena dari tablet inilah kemudian lahir sistem operasi BlackBerry 10 yang saat ini mereka gunakan.

Tablet Playbook seperti diketahui menggunakan sistem operasi QNX, yang adalah merupakan cikal bakal lahirnya OS BlackBerry 10 . Heins mengatakan, BlackBerry belum ada rencana untuk mengupgrade berbagai varian tablet BlackBerry PlayBook ke sistem operasi BlackBerry 10.

Heins mengakui saat ini pihaknya sedang terlibat dalam beberapa proyek untuk melihat kemungkinan meluncurkan tablet baru dengan BlackBerry 10. Ia mengatakan, bahwa mereka sedang berusaha mencari layanan bernilai tambah untuk perangkat tabletnya itu.

Dia menyebutkan, menjual hardware saja tidak cukup. Karena dari sisi hardware, persaingan di pasar tablet sangat ketat. Heins tanpa sungkan memuji Apple yang berhasil menguasai pasar dengan perangkat tablet buatannya.

BlackBerry PlayBook bisa dibilang sebagai produk gagal BlackBerry, karena jebloknya penjualan tablet tersebut dipasaran. Menurut beberapa analis, biang kegagalan Playbook adalah karena perangkat tablet tersebut tidak dilengkapi aplikasi kalender bawaan.

Bahkan yang lebih aneh lagi, Playbook tidak ada aplikasi native email. Padahal selama ini perusahaan yang bermarkas di Kanada itu selalu membanggakan diri memiliki perangkat dengan aplikasi email terbaik.

Menariknya, Heins tidak hanya bicara soal tablet Playbook saja. Dia juga menyatakan tertarik dengan proyek ‘smartwatch’ yang saat ini dikembangkan Apple. Heins mengatakan bahwa jika respon pasarnya bagus, tidak tertutup kemungkinan BlackBerry ikut membuat jam pintar.

“Jika saya perlu untuk membuat sebuah arloji, saya akan melakukannya. Namun saya belum bisa memastikannya,” tandas Heins, seperti dikutip dari PhoneArena, Selasa (19/3).

Sebelumnya, dalam sesi tanya jawab setelah acara peluncuran BlackBerry 10, Heins mengungkapkan berencana akan meng-upgrade berbagai varian tablet BlackBerry PlayBook ke sistem operasi terbaru mereka, BlackBerry 10.

Namun belum dapat diketahui apakah Playbook juga akan mendukung fitur BlackBerry Messenger. Sampai saat ini, PlayBook yang berbasis QNX tidak memiliki beberapa fitur standar yang biasa terdapat di smartphone BlackBerry. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0