telset

BlackBerry 10 Meluncur 30 Januari 2013

Waterloo – Setelah sempat tertunda beberapa kali, akhirnya Research in Motion (RIM) mengumumkan akan meluncurkan sistem operasi dan perangkat terbarunya, BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013 mendatang.

“Kami tak sabar menyampaikan BlackBerry 10 ke tangan konsumen,” ujar CEO RIM, Thorsten Heins, dalam pernyataan tertulisnya yang dilansir allthingsd dan dikutip telsetNews, Senin (12/11).

Pihak RIM menerangkan, BlackBerry 10 akan diluncurkan secara serentak di sejumlah negara. Namun belum diketahui berapa dan negara mana saja yang mendapatkan kesempatan pertama tersebut.

“Kami yakin para konsumen kami akan merasakan pengalaman terbaik dengan sistem operasi ini,” kata Heins dalam website resmi RIM.

Disebutkan juga, pada peluncuran perdana BlackBerry 10 nanti, RIM akan memperkenalkan dua perangkat dengan sistem operasi terbarunya itu. Satu berjenis layar sentuh penuh dan satunya lagi layar sentuh dengan keyboard fisik.

Lebih jauh, Heins mengatakan, bahwa tim dari RIM telah menyempurnakan BlackBerry 10 dengan peramban yang mumpuni, ekosistem aplikasi yang beragam, serta kemampuan multimedia yang mutakhir.

“Ini akan terintegrasi dengan pengalaman menggunakan perangkat, yaitu BlackBerry Flow, yang tidak dijumpai pada smartphone lain yang beredar saat ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam lawatannya ke Indonesia pada Oktober lalu, Frank Boulben, Chief Marketing Officer RIM mengungkapkan hingga 2014, Blackberry 10 akan dihadirkan dalam enam perangkat. Dua perangkat masing-masing untuk kelas entry level, middle, dan premium.

Boulben juga memastikan Indonesia termasuk dalam negara pertama tempat peluncuran BlackBerry 10. Saat ini OS terbaru buatan RIM itu tengah dalam proses pengujian di sekitar 50 operator telekomunikasi di berbagai negara.

Peluncuran sistem operasi ini telah tertunda beberapa kali. Hal ini membuat pangsa pasar BlackBerry terus turun karena kalah bersaing dengan dua rival beratnya, Android dan iOS milik Apple.

RIM memang diketahui sangat berharap banyak pada BlackBerry 10. Sistem operasi yang juga disebut berbasis QNX ini bakal mampu mengoperasikan aplikasi berbasis Android tanpa perubahan apa pun.

Kelebihan itulah yang akan dimanfaatkan RIM untuk bisa kembali merebut pangsa pasarnya yang telah semakin tergerus dalam satu tahun terakhir.[hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0