telset

Black Friday, Belanja Gila-gilaan via E-commerce

Telset.id, Jakarta – Saat perayaan Thanksgiving, warga Amerika biasanya memiliki tradisi berbelanja. Sekaligus mempersiapkan diri, mencari kado untuk hari Natal. Tradisi tersebut biasanya dinamakan Black Friday. Dalam acara berbelanja tersebut, toko, pasar swalayan akan menyediakan diskon besar-besaran.

Pas sebelum hari Jum’at pukul 00.00, toko-toko mulai buka sampai pagi. Pada saat itu orang akan menyerbu toko dan berbelanja aneka produk. Pusat-pusat perbelanjaan di seluruh penjuru Amerika diserbu oleh warga. Demikian pula dengan online shop, mereka juga akan memberi diskount besar-besaran. Transaksi via e-commerce tak kalah dengan transaksi melalui toko biasa.

Pada saat Black Friday tahun ini, transaksi belanja mencapai angka US$ 1 Milyar lebih. Menurut perusahaan riset comscore, total transaski belanja melalui e-commerce sebesar US$ 1,042 Milyar. Konsumen sudah mulai enggan berdesak-desakan ditoko. Sehingga mereka memilih layanan belanja via online.

Angka transaksi Black Friday tahun ini naik 26 persen dari tahun lalu. Rekor transaksi e-commerce ini juga mencatat sekitar 57,3 juta warga AS yang mengunjungi situs e-commerce saat Black Friday. Di periode liburan ini, sekitar US$ 13,7 miliar telah dihabiskan melalui transaksi online. Angka ini naik 16 persen dari tahun lalu.

Raksasa retail online Amazon memperlihatkan kedigdayaannya saat Black Friday lalu. Amazon tercatat sebagai situs belanja online yang paling banyak dikunjungi. Setelah Amazon, menyusul Walmart, Best Buy, Target, dan Apple. Sebagai catatan, comScore tidak memasukkan situs lelang eBay di kategori ini. [AN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0