Bisnis Musik Digital Telkomsel Kantongi Rp550 Miliar

Jakarta – Bisnis layanan musik digital yang digelar operator seluler di Indonesia ternyata cukup menggiurkan. Telkomsel sepanjang tahun 2010 berhasil meraup pendapatan Rp550 miliar atau menyumbang sekitar 5,5 persen dari total revenue Telkomsel di tahun 2010 yang mencapai Rp42 triliun.

Menurut VP Digital Music & Content Management Telkomsel Krish Pribadi, dengan pencapaian pendapatan Rp550 miliar di tahun 2010, nilai total investasi yang dikeluarkan  Telkomsel untuk layanan musik digital sekitar Rp40 miliar sampai Rp50 miliar.

Kami targetkan Di 2011 ini bisa terjadi peningkatan hingga mencapai angka Rp1,2 triliun hingga Rp1,4 triliun, ujar Krish Pribadi di sela acara satu tahun layanan musik digital LagitMusik di Epicentrum Walk, Jakarta, Sabtu (19/3).

Diungkapkannya, layanan musik digital Telkomsel selama ini terbagi dalam tiga bagian, yakni ring back tone (RBT), mini song dan full track song. Perbedaannya berdasarkan durasi konten. RBT dengan konten lagu berdurasi  30 detik, full track song berdurasi satu lagu utuh, sementara mini song adalah konten lagu yang berdurasi satu menit, jelasnya.

Sepanjang tahun 2010 lalu, paparnya lagi, RBT masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar, yakni sekitar Rp500 miliar dari sekitar 9 juta pelanggan. Sedangkan konten full track menghasilkan revenue sekitar Rp2 miliar. “Untuk mini track sendiri, revenuenya masih kecil, sekitar Rp500 juta, papar Krish.

Melihat pencapaian di 2010 lalu, Krish optimis di tahun 2011 bisa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari sisi jumlah pelanggan dan pendapatan. Untuk RBT ditargetkan tahun ini pertumbuhan revenue hingga Rp800 miliar dengan target 20 juta pelanggan.

Sedangkan full track ditargetkan untuk revenue tahun ini bisa menembus angka Rp3 miliar hingga Rp4 miliar. Dan untuk mini track diprediksi bisa mencapai Rp4 miliar hingga Rp5 miliar. Mini track saat ini hanya bisa diunduh di LangitMusik.com yang  telah diakses oleh sekitar 12 juta pengguna Telkomsel, terang dia.

Dalam keterangannya disebutkan, saat ini Telkomsel bekerjasama dengan sekitar 100 mitra label rekaman, content provider, digital store provider, dan platform provider yang menyediakan 72.000 NSP, 15.000 lagu full, 3.000 mini song, dan 1.000 videoclip. [hbs]{jcomments on}

Previous articleProyektor 3 Dimensi
Next articleIlegal Download di Indonesia Capai Rp4,5 Triliun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here