telset

Bill Gates: Vaksinasi Lebih Penting Daripada Internet

Bill Gates pendiri Bill & Melinda Gates Foundation
Bill Gates pendiri Bill & Melinda Gates Foundation

Jakarta – Sosok Bill Gates akan selalu identik dengan dunia komputasi dan Internet. Namun kehidupan pendiri Microsoft ini sebenarnya tidak melulu memikirkan soal komputer ataupun Internet. Dia bahkan mengatakan vaksinasi bagi orang miskin lebih penting daripada Internet.

Bill Gates memang kini lebih aktif dalam yayasan kemanusiaan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan yang didirikan bersama istrinya, Melinda, itu dikenal sangat peduli kepada masyarakat miskin.

Lewat yayasannya tersebut, Gates banyak memberikan sumbangan untuk masyarakat miskin, seperti vaksin dan fasilitas sanitasi bersih di beberapa negara berkembang, di Afrika dan Asia.

“Saya memang suka dengan segala hal yang berbau teknologi informasi. Tapi jika kita ingin meningkatkan taraf kehidupan, Anda harus mengurusi hal-hal mendasar soal nutrisi untuk anak-anak,” kata Gates, seperti dilansir Washington Post, Selasa (5/11).

Menurutnya, dalam derajat kebutuhan manusia, komputer itu tidak masuk dalam urutan lima besar. Gates juga menegaskan, bahwa dia tidak sependapat dengan pemikiran orang yang menyebutkan bahwa konektivitas adalah sesuatu yang kunci.

“Jika Anda berpikir bahwa konektivitas adalah sesuatu yang kunci, itu bagus. Tapi menurut saya, menyediakan vaksinasi bagi orang miskin lebih penting ketimbang akses internet,” tegas konglomerat dermawan ini.

Pernyataan tegas Gates tadi dilontarkan untuk mengkritik upaya kemanusiaan Facebook dan Google yang ingin menyediakan internet murah di negara berkembang. Cara ini menurutnya tidak tepat sasaran, karena masyarakat miskin tidak terlalu membutuhkan internet.

Seperti diketahui, Facebook belum lama ini bekerjasama dengan Samsung mendirikan Internet.org, yang bertujuan untuk menyediakan akses Internet murah di negara miskin.

Begitu juga dengan Google yang mengembangkan Project Loon, yakni proyek balon Internet yang akan memancarkan akses internet ke daratan di lokasi terpencil.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0