Bill Gates: Keterbatasan iPad Dijawab Surface

Pendiri Microsoft, Bill Gates
Pendiri Microsoft, Bill Gates

Jakarta – iPad merupakan tablet keluaran Apple yang populer di seluruh dunia. Namun, tidak banyak orang yang menggunakan iPad untuk bekerja seperti mengetik ataupun mengolah data. Kebanyakan dari pengguna iPad memanfaatkannya sebagai sarana hiburan.

Tidak seperti Thorstein Heins, CEO BlackBerry yang menyebutkan pasar tablet akan mati 5 tahun lagi, Bill Gates, co-founder Microsoft, justru mengatakan pasar PC yang mulai menurun dan beralih ke tablet. Gates mengamati, pasar tablet sedang tumbuh dan sedang menikmati popularitasnya.

Meskipun digemari, ternyata tablet memiliki keterbatasandari segi produktivitas. Beberapa pengguna tidak nyaman dengan ketiadaan keyboard QWERTY fisik pada tablet. Faktor inilah yang membuat orang kesulitan untuk mengetik. Terlebih iPad yang tidak dilengkapi dengan Office, program yang banyak digunakan untuk mengolah dokumen.

“Banyak pengguna yang frustasi, mereka tidak bisa mengetik, mereka tidak bisa membuat dokumen, dan mereka tidak punya Office di sana,” jelas Gates di Businessinsider, Selasa (7/5).

Gates mengklaim iPad hanya digunakan untuk surfing internet, email, menonton video, dan beberapa game, tidak untuk mengakses Office dan membuat dokumen. Untuk itulah Surface diciptakan dan menawarkan berbagai solusi untuk menjawab ketebatasan iPad dan tablet lainnya.

Tablet Surface buatan Microsoft memang coba menawarkan mobilitas tablet namun memiliki  kemampuan PC. Type Cover-nya berfungsi sebagai docking yang menyediakan keyboard fisik sekaligus pelindung Surface.

Gates terlihat optimis dengan masa depan Surface, walaupun saat ini angka penjualan Surface memang lebih kecil dibandingkan iPad. Menurut perhitungan Gartner, Apple berhasil menjual 19,5 juta iPad di kuartal terakhir. Selama periode yang sama, HP, produsen PC nomor satu di dunia, menjual 11,7 juta PC.

Namun menurut Businessinsider, Steve Ballmer CEO Microsoft, terlalu cepat memutuskan untuk membuat tablet bertenaga PC. Bisa jadi, konsumen lebih menginginkan perangkat dengan kemampuan yang lebih ringan.[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0