BII Sempurnakan ’œThe Most Connected Bank’ Dengan EDC

Jakarta – Perkembangan dunia perbankan di Indonesia memang selalu dinamis. Berbagai bank mencoba memberikan layanan yang terbaiknya untuk nasabah termasuk Bank International Indonesia (BII). Saat ini beragam layanan menjadi senjata ampuh BII untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, salah satunya adalah electronic banking atau e banking yang sudah dikembangkan sejak 1998.

Salah satu layanan andalan dari e banking milik BII untuk nasabah adalah Electronic Data Center atau EDC. Beberapa waktu lalu, Stephen Liestyo, Direktur Consumer Banking BII menjelaskan bahwa ke depannya BII  akan lebih menitik beratkan pada EDC untuk mempermudah transaksi nasabah. Stephen menjelaskan lebih lanjut bahwa fitur EDC sangat lebih efektif daripada Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam hal pembayaran, transfer sampai pengecekan saldo tabungan.

Kami sangat percaya dengan layanan baru ini. Kami akan mempersiapkan EDC sebanyak sepuluh ribu unit lebih ke jaringan BII yang ada, ujar Stephen optimis , Minggu (17/07). Kedepannya perkembangan ATM mini atau EDC ini akan disinergikan dengan kartu kredit para nasabah.

Langkah berani untuk terus berkembang dengan layanan e banking BII ini tentu beralasan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara, menjaring nasabah yang berusia muda merupakan langkah yang  sangat tepat. Saat ini sekitar 103,7 juta penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Dan itu merupakan potensi yang perlu digarap karena mereka melek terhadap dunia internet dan telekomunikasi, ujar Stephen.

Saat itu, Stephen menjelaskan bahwa BII selain berencana akan menggandeng para pemain telekomunikasi untuk lebih memperluas jaringan e bankingnya juga akan lebih memperkuat layanan internet banking nya. Rencana BII pun akhirnya dibuktikan dengan merangkul operator besar di Indonesia, XL Axiata. Kerjasama yang diadakan lebih kepada penyediaan layanan cash-in XL Tunai via layanan e-banking BII.

Dalam kesempatan penandatatangan perjanjian tersebut, Presiden Direktur BII, Rahardja Alimhamzah mengatakan bahwa kerjasama XL dengan BII merupakan langkah strategis untuk lebih menghadirkan solusi transaksi masa depan, khususnya pengguna XL yang juga menjadi nasabah BII. Melalui kerja sama ini pelanggan dengan rekening BII maupun bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima dan ALTO akan dapat melakukan cash-in dana ke rekening XL Tunai.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan pembayaran yang mudah dan aman, kami yakin layanan seperti XL Tunai akan terus berkembang, tutur Rahardja Alimhamzah, Kamis (15/09).

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jaringan internasional, kesepakatan tersebut bisa menambah asset BII yang pertanggal 31 Maret 2011 sudah memiliki aset Rp 77,4 triliun dengan dana simpanan sebesar Rp 60,2 triliun. Dana simpanan tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu yang telah sampai pada angka 46,6 triliun per 31 Maret 2010.

Masifnya usaha bank yang terkenal dengan visinya The Most Connected Transaction Bank untuk terus memperbaiki kualitas layanan mendapat sambutan baik dari para nasabah, salah satunya adalah Nurhamzah, seorang nasabah yang tinggal di bilangan Jakarta.

Nurhamzah yang juga tertarik dengan perkembagan dunia perbankan, khususnya e banking ini berpendapat bahwa dengan adanya sistem EDC dan kerjasama BII dengan XL Tunai akan lebih mempermudah kegiatannya dalam melakukan pembayaran.

Sebagai nasabah BII dan juga pelanggan XL, agresivitas layanan BII dalam e banking sangatlah bagus. Hal ini akan memudahkan para nasabah ke depannya. Semoga layanan EDC dan XL Tunai dapat lebih cepat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi saya pun dapat lebih mudah melakukan transaksi lewat BII, ujar Nurhamzah, Senin (10/10).

Kelebihan lainnya dalam transaksi XL Tunai dengan BII adalah setiap melakukan lima kali transaksi BII Mobile Banking akan mendapatkan bonus gratis bicara sepuluh menit ke sesama XL dari jam 00-17.00 serta 100 SMS ke semua operator.

Kemudahan yang ditawarkan BII dalam memanjakan nasabahnya pun semakin berkembang. Tentunya kita berharap semoga BII tetap menjadi bank yang terdepan dalam layanan e bankingnya. Terlebih BII pernah menjadi pemenang di e Award Internet Banking pada tahun 2002. (tsn/hz)

Previous articleMekanikal Keyboard Untuk iPhone 4S
Next articleNokia X2-05, Ponsel Musik Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here