telset

Biaya Produksi Galaxy S4 Lebih Mahal dari Galaxy S III dan iPhone 5

Samsung Galaxy S4 vs iPhone 5
Samsung Galaxy S4 vs iPhone 5

Jakarta – Setelah resmi meluncur, Samsung Galaxy S4 banyak menuai cemohan dari kompetitornya karena menggunakan material plastik. Tapi biarpun masih memakai bahan plastik, biaya produksi S4 ternyata lebih tinggi dibanding seri Galaxy S III dan bahkan dengan iPhone 5.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh IHS, untuk Galaxy S4 versi HSPA+, Samsung mengeluarkan total ongkos part sebesar USD 236 (atau sekitar Rp 2,3 juta). Sedangkan untuk versi LTE biayanya mencapai USD 233 (Rp 2,27 juta).

Pada seri S4 ini sebagian besar part sudah diproduksi sendiri oleh Samsung. Hasilnya Samsung berhasil menekan ongkos produksi sekitar 15% jika membandingkan ongkos produksi Galaxy S III versi HSPA+ yang mencapai 205 (Rp 2 juta).

”Meski secara hardware S4 tidak berbeda jauh dengan S III, namun S4 memiliki update komponen penting yang meningkatkan fungsionalitas dan juga ongkos produksinya,” ujar Vincent Leung, analis senior di IHS.

“Yang paling mahal adalah penggunaan layar Full HD, prosesor yang lebih kuat dan beberapa sensor baru yang mencatatkan rekor sensor paling banyak di smartphone,” jelasnya lagi.

Seperti diketahui, versi HSPA+ dari S4 menggunakan prosesor octacore Exynos 5, yang diproduksi sendiri oleh Samsung dengan pemrosesan 28 nanometer. Harganya USD 30 (Rp 292 ribu), jauh lebih mahal dari Exynos quadcore pada S III yang hanya USD 17.5 (Rp. 170 ribu).

Layar AMOLED beresolusi full HD 1080p dari S 4 juga lebih mahal dari AMOLED 720p pada S III, yakni USD 75 (Rp 729 ribu) berbanding USD 65 (Rp 632 ribu).

Samsung juga menambahkan sensor kelembaban dan temperatur pada S 4, sebagai tambahan dari sensor gesture infrared. Penambahan ini mengakibatkan harga untuk sistem sensor naik dari USD 12.7 (Rp 123 ribu) di S III menjadi USD 16 (Rp 156 ribu) untuk S 4.

Biaya produksi smartphone flagship terbaru Samsung ini juga jauh lebih mahal dibandingkan iPhone 5. Dalam laporannya IHS menyebutkan, iPhone 5 versi 16GB menghabiskan biaya produksi material sebesar USD 207.

Sementara untuk versi storage 32GB iPhone 5, ongkos produksi yang dikeluarkan Apple mencapai USD 217. Namun untuk versi 64GB, biaya pembuatannya sedikit lebih mahal dari S4, yakni mencapai USD 238.[HBS]

Tabel biaya produksi iPhone 5

Tabel biaya produksi S4 dan S III

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0