telset

Bertemu Presiden China, Trump Cabut Aturan Embargo Huawei

Telset.id, Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan mencabut aturan embargo Huawei yang sebelumnya diberlakukan bagi perusahaan-perusahaan asal Negeri Paman Sam. Trump memastikannya ketika bertemu dengan presiden China, Xi Jinping di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Osaka, Jepang, pada Sabtu (29/06).

“Perusahaan Amerika memproduksi produk, Ini rumit. Kami adalah satu-satunya yang memiliki teknologi. Saya telah setuju untuk mengizinkan mereka untuk menjual produk (ke Huawei) karena saya suka perusahaan kami menjual barang kepada orang lain,” jelas Trump, seperti dikutip dari GSMArena, Sabtu (29/06/2019).

Dengan penghapusan embargo Huawei ini, maka perusahaan asal AS kembali bisa menjual produk-produknya ke Huawei.

{Baca juga: Waduh, Perusahaan AS Cueki Titah Trump untuk Embargo Huawei}

Trump mengakui bahwa langkah ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, mereka tetap melakukannya karena banyak perusahaan AS yang kecewa dan tidak senang ketika Huawei masuk “daftar hitam” pemerintah AS.

“Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Perusahaan kami sangat kecewa, tetapi kami mengizinkannya. Jadi jika ini bukan masalah keamanan nasional, kami mengizinkan mereka untuk bisnis (ke Huawei),” lanjutnya.

Namun demikian, Trump menyebutkan bahwa mereka akan melakukan pembahasan lebih lanjut tentang kemungkinan perjanjian perdagangan dengan Huawei. Kemungkinan besar menurutnya, akan terjadi pada Selasa (02/07) mendatang.

{Baca juga: AS Gerah Belum Bisa Cekal Jaringan 5G China}

“Kita lihat, apa yang akan kita capai dengan perjanjian perdagangan ini,” ucap Trump.

Usai pertemuan dengan Xi Jinping, Trump berkata bahwa pembicaraan antara keduanya berjalan dengan sangat baik. (FHP)

Sumber: GSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0