telset

Bertemu Cook, Donald Trump Minta Apple Tinggalkan China

Telset.id, Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan CEO Apple, Tim Cook, kabarnya melakukan pertemuan, baru-baru ini. Mereka membahas rencana Apple ke depan, yakni memproduksi perangkat di dalam negeri, dan segera meninggalkan China.

Menurut laporan Phone Arena, seperti dikutip Telset.id, Minggu (16/6/2019), Trump meminta kepada Cook supaya Apple tak lagi bergantung kepada China. Trump mendorong agar Apple mulai memproduksi iPhone dan sebagainya di AS.

Setali tiga uang, Cook juga berharap Apple tak lagi terdampak perang dagang antara AS dan China. Maklum, selama ini, Apple memproduksi iPhone dan perangkat lain di perusahaan rekanan, yang mayoritas berada di negara rival AS, yakni China.

{Baca juga: Donald Trump Minta Apple Pindahkan Pabrik ke AS}

Sebelumnya, pertemuan serupa juga berlangsung, membahas ancaman Trump untuk membebankan tarif 25 persen kepada kelompok produk buatan China. Kelompok perangkat impor yang akan dibebankan pajak tambahan termasuk iPhone.

Laporan Wall Street Journal, dikutip Telset.id, Kamis (13/06/2019) lalu, menyebut bahwa petinggi Foxconn, Young Liu, menyatakan perusahaan sudah menyiapkan fasilitas produksi di luar China. Pabrik itu bisa untuk memproduksi iPhone.

Ia kemudian meminta kepada Apple untuk tidak lagi khawatir jika harus menggunakan jasa Foxconn guna merakit iPhone terbaru. Ia menegaskan bahwa produksi iPhone di pabrik Foxconn luar China bakal terhindar dari pajak tambahan.

{Baca juga: Giliran Bos Apple yang Protes Kebijakan Trump}

Seperti diketahui, Apple memang banyak menggunakan jasa perusahaan asal China untuk merakit perangkat buatannya. Bahkan, Apple memakai jasa Foxconn, manufaktur asal Negeri Tirai Bambu, untuk memproduksi mayoritas iPhone. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0