Mata-mata CIA Terus Incar Keamanan Apple

cia-herocredciausgovJAKARTA – Laporan dokumen dari Edward Snowden, mantan pegawai NSA, menunjukkan bahwa mata-mata CIA terlibat usaha bertahun-tahun untuk masuk paksa ke sistem keamanan Apple, terutama untuk iPhone dan iPad.

Menurut laporan The Intercept, dokumen Snowden menunjukkan detail jumlah inisiatif, termasuk usaha untuk melakukan crack ke kunci enkripsi yang ditanamkan ke mobile prosesor Apple serta ke Xcode, tool Apple untuk mengkreasi aplikasi iOS.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (11/3/2015), dokumen Snowden tidak memperlihatkan detail usaha crack ini berhasil atau tidak. Dokumen ini hanya memperlihatkan perang antara NSA dengan perusahaan teknologi serta keserakahan pemerintah AS.

Padahal, awal Maret ini presiden AS Barrack Obama mengkritisi langkah pemerintah Tiongkok yang memaksa perusahaan teknologi lokal menginstall security backdoors untuk pengamatan pemerintah. The Intercept menulis, langkah Tiongkok ini sebenarnya hanya meniru langkah AS.

Selain Apple, Mata-Mata CIA juga menjaring kerja sama dengan kompetitor Apple untuk bersama -sama membidik target produk Apple. Salah satu rekanan CIA, yakni Microsoft. Keduanya terlibat pertemuan tahunan rahasia dengan sandi Jamboree.[AI/HBS]

Sourcetheverge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI