Berkat Layanan Data, XL “Amankan” Posisi Kedua Terbesar

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta XL Axiata (XL) menutup tahun 2018 dengan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4% lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu. Pertumbuhan XL didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13%. Hasil itu membuat XL klaim jadi operator terbesar kedua di Tanah Air.

Dengan pencapaian tersebut, kontribusi pendapatan layanan data XL pada total pendapatan perusahaan menjadi 80% per akhir tahun 2018.

CEO dan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa sepanjang 2018 merupakan periode yang berat bagi industri telekomunikasi Indonesia. Alasannya, karena pada tahun lalu diterapkan aturan registrasi kartu SIM Prabayar dan juga persaingan harga yang ketat.

“Namun, XL berhasil mengungguli para kompetitor dan memperkuat posisi sebagai operator nomor dua di Indonesia. Hasil ini tidak terlepas dari konsistensi kami dalam menerapkan strategi menempatkan layanan data sebagai fokus utama pengembangan bisnis,” ujar Dian, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Jumat (15/02/2019).

Dian menambahkan, di semester kedua monetisasi layanan data yang dilakukan XL menunjukkan hasil yang signifikan di tengah persaingan harga yang sangat ketat.

Ia juga menyebutkan bahwa peningkatan pendapatan dari data yang sangat pesat tersebut tidak hanya lebih tinggi dari perolehan industri, namun juga mampu menutup dampak negatif dari penurunan pendapatan layanan tradisional SMS dan voice.

{Baca juga: XL Axiata Dukung Ajang “Republic of IoT 2018”}

“Pencapaian ini juga merupakan prestasi tersendiri, karena operator lain merasakan dampak yang lebih berat dari penurunan kinerja kedua layanan warisan masa lalu tersebut,” ujar Dian.

Kinerja positif XL ini juga sebagai hasil dari implementasi yang konsisten atas strategi dual-brand XL yang beriringan dengan ekspansi jaringan data berkualitas.

Di tahun ini keduanya mencapai rekor Net Promoter Score (NPS) yang tinggi karena mampu menancap sangat kuat dalam segmen pasar masing-masing dengan produk-produk data yang mendapatkan sambutan sangat baik.

XL memang terus menggenjot kualitas jaringan, dengan berinvestasi untuk melakukan peningkatan pada transmisi, backhaul, modernisasi jaringan guna mendukung peningkatan lalu lintas data di seluruh jaringannya.

Hal ini diwujudkan dengan terus membangun jaringan 4G LTE yang saat ini difokuskan di wilayah luar Jawa. Hingga akhir tahun 2018, jaringan 4G XL telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten dengan hampir 30 ribu Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G.

Sementara itu, jaringan 3G ditopang lebih dari 51 ribu BTS. Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini mencapai 118 ribu BTS.

{Baca juga: XL Axiata Bundling Samsung Galaxy Tab S4 Hanya Rp 2,5 Juta}

“Peningkatan investasi jaringan, terutama 4G LTE di luar Jawa di sepanjang 2018 tersebut telah menghasilkan pertumbuhan pada trafik dan pendapatan data yang sangat kuat. Alhasil, tahun ini wilayah luar Jawa menjadi kontributor utama lain bagi kinerja kuat XL,” tutur Dian.

Seiring dengan semakin kuatnya jaringan dan penawaran layanan data yang menarik, tercatat penetrasi smartphone XL telah meningkat 8 poin persentase menjadi 80% pada akhir 2018 dibandingkan dengan tahun lalu.

Salah satu pendorong yang berperan besar pada peningkatan pelanggan ponsel cerdas ini adalah program bundling “XL Xtream” yang memberikan benefit berupa harga terjangkau serta akses YouTube.

“Daya tarik yang kuat dari program ini mampu mendorong migrasi lebih cepat pada pelanggan 2G ke 4G,” imbuhnya.

Saat ini, XL memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya sudah menggunakan smartphone. Jumlah pengguna smartphone XL meningkat 15% dari periode yang sama di tahun lalu. Adapun pelanggan XL yang aktif menggunakan layanan data mencapai 82% dari total pelanggan.

{Baca juga: XL Axiata Anggap FTTH Masih Pilot Project}

Total lalu lintas di seluruh jaringan XL telah mengalami peningkatan 76% di 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan lalu lintas data yang meningkat dibandingkan dengan penurunan lalu lintas dari layanan legacy (SMS dan percakapan).

Selain Xtream dan Xtream Ultima, XL masih memiliki sejumlah program inovatif lainnya yang memiliki daya tarik besar bagi pelanggan. Ada paket OWSEM Bronet 4G dari AXIS dengan keunggulan kuota bonus tambahan untuk aplikasi game dan streaming musik. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI