telset
spot_img

Berapa Biaya Kirim Surat ke Planet Mars?

Oliver Giddings, bocah calon astronot
Oliver Giddings (Credit Photo: Mercury Press)

JAKARTA – Para ilmuwan percaya suatu saat nanti Planet Mars akan bisa dihuni oleh manusia. Jika itu benar-benar terjadi, maka manusia di Bumi bisa berkomunikasi dengan penghuni Mars. Ada sebuah pertanyaan menarik, yakni berapa biaya jika mengirim surat ke Mars?

Adalah Oliver Giddings, bocah berusia 5 tahun calon astronot masa depan dari Lytham St Anne di Lancashire, Inggris yang mengajukan sebuah pertanyaan yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh semua orang.

Oliver bertanya pada Royal Mail (kantor pos Inggris) tentang berapa biaya jika dia ingin mengirimkan surat ke Planet Merah tersebut. Setelah berkonsultasi dengan pihak NASA Kennedy Space Center di Florida, Royal Mail pun akhirnya mendapat jawabannya.

Untuk mengirim surat ke Mars dibutuhkan sebanyak 18.416 perangko “first class” senilai £11,602.25 atau setara Rp 242 jutaan. Mendengar jawaban itu, Oliver cukup kaget karena biaya mengirim surat ke Mars sangat mahal.

“Wow, itu uang yang sangat banyak!” kata Oliver terkejut.

Angka tersebut didapatkan tim NASA Mars Outreach dengan mengukur jarak antara bumi ke Mars dengan menggunakan misi Curiosity sebagai contohnya dan beratnya dihitung untuk surat standar.

“NASA juga mengatakan kepada saya bahwa kunjungan terakhir mereka ke Mars, dengan membawa Curiosity menghabiskan biaya sekitar USD 700 juta,” kata Andrew Smout, senior customer advisor Royal Mail dalam suratnya kepada Oliver.

Andrew menjelaskan, bahwa pesawat ruang angkasa itu sendiri sangat kecil, sehingga ruang penyimpanannya sangat terbatas.

Berdasarkan berapa berat pesawat ruang angkasa, dibandingkan dengan berapa biaya untuk sampai ke Mars, maka untuk sesuatu yang beratnya mencapai 100 gram akan dikenakan biaya sekitar USD 18.000 (£11,600) untuk terbang ke Mars.

Royal Mail kemudian mematok biaya £2,25 untuk mengirim surat dari Inggris ke situs peluncuran NASA, dan totalnya mencapai £11,602.25 atau setara Rp 242 jutaan. Wow, mahal banget ya..[HBS]

 

 

 

Sourceitv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0