telset

Canggih, iPhone 7 Tembus Pasar Indonesia Tanpa TKDN

Telset.id, jakarta – Kabar baik datang bagi para penggemar Apple di tanah air, khususnya mereka yang sudah lama menantikan kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pasalnya, sejumlah toko online diketahui telah menjual perangkat ini. Pun meski kedua perangkat belum resmi masuk Indonesia. Mereka adalah JD.ID, Bukalapak, dan Tokopedia.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id, ketiga situs jual beli online ini menawarkan iPhone baru dengan harga yang berbeda, mulai dari Rp 12 jutaan hingga Rp 19 jutaan. Sementara untuk sistem penjualan sendiri, ada yang dengan pre order, ada juga COD atau Cash on Delivery.

Menariknya, pemasaran iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia tidak dilakukan secara terselubung. Salah satu toko online, JD.id, bahkan memasarkannya dengan sejumlah promo dan didukung oleh lembaga perbankan nasional, termasuk BNI, OCBC NISP, Bank Danamon dan UOB. Salah satu promonya adalah potongan sebesar Rp 1 juta untuk pembelian menggunakan kartu kredit dari bank tersebut.

Masa pengiriman untuk kedua perangkat ini sendiri sebut JD.ID akan dimulai pada 23 September mendatang. Sementara, saat kami mengecek status sertifikasinya di postel.go.id, perangkat dengan kode Apple-A1778 dan Apple-A1784 masih dalam proses dibuat SP3 di Balai Uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kedua perangkat ini dianggap masih bermasalah lantaran belum memenuhi aturan TKDN.

Sehingga hampir bisa dipastikan bahwa iPhone 7 akan melenggang masuk pasar Indonesia tanpa izin resmi atau paling tidak masuk dengan mengabaikan aturan TKDN.

Sekedar informasi, iPhone 7 dan 7 Plus pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 8 September lalu, dan telah siap menyambangi setidaknya 28 negara, termasuk Australia, Amerika Serikat, Inggris, Hong Kong dan Jerman. Hebatnya, meski tidak termasuk dalam kategori negara pertama yang disambangi iPhone 7, pengguna di Indonesia sudah bisa siap siap menerima kiriman iPhone terbaru mulai 23 September mendatang. (IF)

iphone-7-ditjen-sdppi1

iphone-7-ditjen-sdppi2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0