Belanja di Marketplace Bisa ‘Try and Buy’

Layanan Marketplace Windows Mobile
Layanan Marketplace Windows Mobile

Jakarta – Dalam membangun ekosistem sebuah platform, aplikasi memiliki peranan penting. Setiap sistem operasi memiliki toko aplikasi tersendiri, seperti halnya Nokia yang memiliki marketplace Nokia Store dan Windows Phone Store.

Tidak lengkap rasanya memiliki ponsel yang tidak dilengkapi aplikasi. Nokia pun sudah menyiapkan sederetan aplikasi yang tersaji di dalam marketplacenya, baik di Nokia Store maupun Windows Phone Store. Nokia Indonesia pun bersemangat mengembangkan aplikasi lokal di negeri ini.

“Secara total, saat ini sudah ada lebih dari 5600 aplikasi lokal yang masuk ke pasar global,” kata Narenda Wicaksono, Developer Experience Manager Nokia Indonesia, saat ditemui di sela acara peresmian Nokia Developer di Jakarta, Rabu (3/4).

Diantara seluruh varian ponselnya, Nokia memilih fokus mengembangkan aplikasi di ASHA full touch karena melihat permintaan aplikasi yang semakin tinggi.

“Ini merupakan ladang kesempatan yang bisa dimanfaatkan para pengembang aplikasi untuk mempopulerkan produknya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk memasarkan aplikasi di dalam marketplace, Nokia juga menerapkan metode “try and buy” dan metode pembayaran dengan operator billing.

Dengan metode try and buy, pengguna ponsel Nokia bisa mencoba dulu keandalan aplikasinya, kemudian membayar dalam waktu tertentu. Seperti game yang dikembangkan Chocoarts, developer yang didukung Nokia, saat memasarkan game Keto Adventure.

“Kami memberikan gratis selama 5 menit, kemudian pengguna bisa membelinya jika tertarik,” terang Sely Haudy, Chief Operating Officer Chocoarts.

Disebutkan, rata-rata sekitar 80 persen pengguna yang mencicipi game dalam versi trial akan membeli aplikasi setelah mencoba.[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0