Begini Cara FalseGuide Infeksi Smartphone Korbannya

FalseGuide

Telset.id, Jakarta – Google Play Store memang menyediakan banyak sekali aplikasi, game dan lainnya yang siap untuk di-download oleh para pengguna Android. Tapi tahukah Anda jika beberapa di antara banyaknya aplikasi itu ternyata tersimpan malware yang bisa merugikan pengguna yang tak sengaja meng-install-nya?

FalseGuide pertama kali ditemukan oleh para peneliti dari Check Point. FalseGuide merupakan aplikasi panduan untuk berbagai game populer seperti Pokemon GO, FIFA Mobile, Clash of Clans, dan lainnya yang nyatanya disisipkan malware oleh para hacker untuk menguntungkan dirinya dari sisi finansial.

Nantinya, FalseGuide akan terus memunculkan iklan tertentu di smartphone korbannya yang tak jarang membuat performa smartphone menjadi tak maksimal. Tak tanggung-tanggung, jumlah korban dari aplikasi malware ini sudah mencapai 2 juta pengguna Android!

Lantas bagaimana cara kerja dari FalseGuide? Check Point mengungkapkan jika dari lebih 40 aplikasi yang diduga sebagai FalseGuide, beberapa diantaranya merupakan aplikasi buatan developer asal Rusia yakni Anatoly Khmelenko atau Анатолий ХмеленкоSergei Vernik, dan Nikolai Zalupkin.

Ketika korbannya men-download aplikasi FalseGuide, nantinya aplikasi tersebut akan meminta izin untuk Administrative Permissions agar aplikasi tersebut tak bisa dihapus oleh pengguna.

Kemudian, para hacker atau developer dari aplikasi itu akan bisa mengirimkan pesan dan notifikasi berisi iklan yang mengganggu pengguna entah itu iklan popup, atau konten lainnya karena malware yang ditanamkannya sudah mendukung Firebase Cloud Messaging.

Hal yang lebih berbahaya lagi dari FalseGuide adalah, ketika hacker merasa “sudah puas” menyerang korbannya dengan iklan yang mengganggu, mereka juga bisa melakukan serangan berbahaya lainnya seperti memasukkan kode berbahaya, melakukan serangan DDoS atau bahkan mengambil data pribadi korbannya. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here