telset
spot_img

Pengguna BlackBerry XL Mulai ‘Hijrah’ ke Android

Program "XL Rumahnya Android" di arena Indocomtech 2013
Program “XL Rumahnya Android” di arena Indocomtech 2013

Jakarta – Kehadiran aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) di Android akhirnya mulai berimbas pada menurunnya jumlah pengguna layanan BlackBerry operator. Meski belum terlalu signifikan, namun operator seluler XL Axiata mencatat trend-nya terus menurun.

“Pelanggan Data XL dari ponsel Android sekarang melonjak tajam, menggeser pengguna BlackBerry,” kata Edward Kilian Suwignyo, GM Marketing Communication XL di sela acara Indocomtech 2013, JCC, Jakarta, Jumat (1/11).

Hingga November 2013 ini, jelas Edward, jumlah pengguna layanan Data XL yang menggunakan ponsel Android tercatat sekitar 3,5 juta pelanggan. Jumlah itu dipastikan akan terus bertambah hingga akhir tahun ini.

Sementara pengguna layanan BlackBerry XL mulai menunjukan trend penurunan, yakni dari sebelumnya 3,7 juta di akhir tahun 2012, kini menjadi 3 juta pelanggan, atau turun sekitar 700 ribu pelanggan.

“Sejak diluncurkannya BBM untuk Android, banyak pengguna ponsel BlackBerry di Indonesia yang sekarang beralih menggunakan ponsel Android,” terang Edward.

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah pengguna Data XL dari ponsel Android sekitar 3,5 juta, kemudian disusul BlackBerry sebanyak 3 juta, Symbian 2,1 juta, iOS (iPhone) 200 ribu, Windows Phone 100 ribu, dan sisanya dari OS lainnya.

“Sekarang peta pasarnya sudah berubah, jika dulu layanan Data didominasi pengguna BlackBerry, sekarang yang paling banyak adalah pengguna ponsel Android,” jelasnya.

Namun, lanjut Edward, para pengguna BlackBerry yang dulunya terbiasa menggunakan paket BlackBerry Internet Service (BIS) masih banyak yang bingung saat harus beralih ke Android yang menggunakan paket Internet kuota.

“Masih banyak pelanggan XL yang baru menggunakan ponsel Android bingung dengan sistem paket Internet kuota. Untuk itu kami terus coba memberikan edukasi kepada para pelanggan dengan menyediakan Android Assistant lewat program ‘XL Rumahnya Android’,” ujar Edward.

Melalui program ‘XL Rumahnya Android’, XL memberikan wadah untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat yang hendak mendapatkan informasi lebih lanjut, termasuk bagaimana mengunduh dan mengaktifkan BBM di Android.

Pelanggan juga mendapatkan paket ‘Paket Internet HotRod 3G+’ untuk BBM-an di Android. Ada beberapa paket Internet HotRod 3G+ yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan, yaitu Paket HotRod3G+ 100MB selama 30 hari seharga Rp 5000. Atau ada juga paket 600MB+1.5GB selama 30 hari seharga Rp 25 ribu.

Layanan bagi pelanggan ini bisa didapatkan di XL Center, XPLOR, website www.xl.co.id, atau melalui 817. Sementara itu, bagi pengguna layanan sosial media, XL juga membuka layanan edukasi melalui @xl123.

Memanfaatkan ajang pameran komputer Indocomtech 2013, XL bekerjasama dengan Erafone dan Jeruknipis juga memberikan paket bundling menarik Galaxy Note 3 + Gear seharga Rp. 9.99 juta. Pelanggan bisa mendapatkan tambahan potongan pembelian handset sebesar Rp.1 juta jika mendaftar XL pasca bayar.[HBS]

paket Internet HotRod 3G+
paket Internet HotRod 3G+

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0