Bantah Soal Fragmentasi, Apple Tunjukan Grafik Pengguna iOS

ilustrasi iOS vs Android
ilustrasi iOS vs Android

Jakarta – Sesaat setelah meluncurkan iOS 7 pekan lalu, Apple langsung disindir soal masalah fragmentasi di iOS 7. Tidak ingin kabar tersebut mengganggu eksistensi iOS, Apple pun melakukan bantahan dengan merilis sebuah chart baru tentang fragmentasi pengguna iOS.

Seperti diketahui, iOS 7 hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 4 ke atas dan juga iPad 2 ke atas. Hal inilah yang kemudian memunculkan pemberitaan tentang masalah fragmentasi di iOS.

Dalam chart baru yang dirilis Apple, memperlihatkan kecilnya persentase fragmentasi pengguna iOS. Chart tersebut membuktikan bahwa persentase pengguna untuk masing-masing versi iOS yang beredar tidak terlalu beragam.

Seperti dikutip telsetNews dari Cnet, Jumat (21/6), Apple mengklaim bahwa 93 persen penggunanya menjalankan iOS 6, sedangkan 6 persen menjalankan iOS 5. Hanya 1 persen dari penggunanya yang menjalankan iOS versi lama.

Sementara masalah fragmentasi telah lama terjadi di Android. Google sendiri telah berusaha untuk mengatasi masalah itu, namun hingga kini fragmentasi masih tetap menjadi masalah yang belum terpecahkan di platform Android.

Menurut data terakhir, Android versi terbaru 4.1 dan 4.2 (Jelly Bean) hanya menguasai 33 persen pangsa pasar Android. Sementara pangsa pasar terbesar masih dikuasai Android 2.3 (Gingerbread) dengan 36,5 persen. Sedangkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich hanya kebagian 25,6 persen market share.

Masalah fragmentasi di Android ini memang telah terjadi cukup lama dan belum terpecahkan. Hal tersebut jelas menjadi masalah besar bagi para developer Android yang menginginkan aplikasinya bisa digunakan seluruh pengguna Android.[HBS]

Chart Pengguna iOS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0