Bank Online di Jerman Transfer Pinjaman dengan Bitcoin

Telset.id, Jakarta – Ada kabar menarik untuk Anda yang tertarik memiliki bitcoin atau telah memilikinya sebagi instrumen investasi. Ternyata ada bank online di Jerman yang memungkinkan klien untuk mentransfer pinjaman di mana pun di dunia menggunakan Bitcoin.

Bank yang bernama Bitbond ini menggunakan mata uang digital alias cryptocurrency seperti Bitcoin untuk melewati sistem transfer internasional Swift untuk meminjamkan uang ke seluruh dunia. Lalu apa bedanya dengan pinjaman bank konvensional? Sistem kripto ini diklaim bisa mengirim uang lebih cepat dan biayanya rendah.

“Transfer uang tradisional relatif mahal karena biaya pertukaran mata uang dan bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Dengan Bitbond, pembayaran bekerja secara independen di mana pelanggan berada. Melalui internet itu sangat, sangat cepat dan biayanya rendah,” kata pendiri Bitbond Radoslav Albrecht dikantornya, seperti dilansir channelnewsasia, Sabtu (12/5/2018).

Klien Bank yang berkantor di kawasan bergensi Prenzlauer Berg, Berlin, tersebut hanya memegang pinjaman dalam token digital seperti Bitcoin dalam bilangan detik atau menit sampai ditukar kembali ke mata uang negara di mana mereka ingin menerima dana. Tujuannya untuk menghindari mata uang kripto berfluktuasi terhadap nilai tukar.

Walaupun Bitcoin telah digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman, tetapi baru kali ini ada terobosan menggunakannya untuk mentransfer kredit dalam mata uang internasional.

Layanan besutan Albrecht ini semakin populer di kalangan klien sejak perusahaan tersebut diluncurkan pada tahun 2013. Kantornya mempekerjakan 24 orang dari 12 negara yang mengelola pinjaman untuk 100 klien sebesar sekitar US$1 juta atau hampir mencapai Rp14 miliar setiap bulan.

Kebanyakan klien perusahaan rintisan alias startup ini adalah pemilik usaha kecil atau pekerja freelance. Pinjaman mereka relatif kecil dan tidak melebihi US$50.000 atau sekitar Rp 697 juta. Pada 2016, Bitbond secara resmi dilisensikan sebagai bank dan sejak itu telah mendapatkan banyak investor.

Penggunaan Bitcoin dalam transaksi keuangan semakin banyak di Jerman, yang diikuti oleh AS. Hal ini diungkapkan Bitnodes, yang melacak lokasi semua node Bitcoin yang mengirimkan data tentang transaksi baru. [WS/IF]

Source Link

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here